Zaman sekarang, travelling udah menjadi gaya hidup. Masyarakat perkotaan terutama, rela duduk di kelas ekonomi demi ‘keangkut di pesawat’ untuk keluar negri. Rela jajan dikit dan nyisihin uang gaji demi ke tempat Instagrammable, rela pantengin website travel agent demi dapet diskon jalan-jalan murah, dan banyak fenomena lainnya. Mereka yang berpergian dalam berbagai niat — ada yang untuk bisnis, senang-senang/liburan, memperbagus ‘image’ di media sosial, status, konten Youtube-nya, dll.

Well, gak ada yang salah sama travelling karena Rasulullahpun dulu juga pernah safar. Tapi yaa jelas beda niat sama kita :D. Rasul jalan-jalan bukan untuk selfie/wefie terus upload ke IG dan bikin caption menarik dari ‘nyomot’ quote di Google — itu mah kita banget!. Melainkan.. untuk sarana dakwah, berkenalan dan mengajak orang lain untuk merasakan ‘indahnya Islam’. #jadimalu

Kalau kamu suka travelling, tapi ingin kegiatan itu jadi sesuatu yang berbuah pahala — instead of buang-buang duit dan buat persona media sosial aja, PAS BANGET! Disini aku akan bagiin tips tentang 5 cara agar jalan-jalanmu diberkahi Allah πŸ™‚ Penasaran? Stay with me till the end of the article.

1. BAWA UANG LEBIH

Biasanya traveller tipe backpacker / travel on budget, itu udah itung-itungan sama uang yang dibawa untuk pengeluaran selama perjalanannya. Biasanya nge-pas atau kalaupun lebih cuma dikit. Nah saranku, mau kamu tipe backpaker or not, sebaiknya bawa uang lebih yang banyak. Buat jaga-jaga kita? NO….
Buat kalau kamu ketemu homeless di tempat itu.. atau kalau ditakdirkan bertemu dengan orang fakir yang jauh lebih membutuhkan dari kamu. Sadar atau enggak, (gak usah jauh-jauh di luar negri) di dalam negri aja (jika kita sedang dalam perjalanan) kita sering dihadapkan dengan orang-orang yang nasibnya ‘gak lebih beruntung’ dari kita. Boro-boro bisa jalan-jalan kaya kita, makan dan tempat tinggal aja gak ada. WHY? Bisa jadi Allah pengen ngetes attitude kita sama mereka — kita pura-pura gak liat atau berusaha bantu?
Kalau jalan-jalan aja bisa segitu niatnya ‘nyisihin uang’, masa untuk membantu sesama enggak bisa? Gak seharga trip kamu kok, at least.

2. ISI DZIKIR SAMBIL SIGHTSEEING

Kalau jalan-jalan ke tempat baru, pasti gak lepas dari sightseeing, yaitu keliling liat-liat atau cuci mata. Nah sambil melakukannya, kita bisa isi dengan dzikir. Apalagi kalau yang kita lihat adalah keindahan alam, misalnya laut, pegunungan, pemandangan dll, sudah sepantasnya kita mengingat Sang Pencipta. Kalau ciptaannya aja udah segini keren, apalagi yang bikin?

3. VISIT MASJID LOKAL

“Kalau aku sholat, selalu ke masjid lokal kok”. Well.. bukan cuma untuk sholat aja, tapi bisa untuk menambah kenalan atau berteman dengan pemuda/aktivis masjid itu. Kamu bisa ngobrol, sharing dan jalin silaturahim. Misal, dari percakapan ringan (dari nanya “rumahnya dimana?” sampai ke ngobrol akrab tentang kehidupan di daerah itu). Biasanya kamu akan dapat inspirasi dan banyak syukur selepasnya.

4. VISIT PANTI SOSIAL LOKAL

Hampir mirip dengan poin nomor 1, bedanya.. Kalau nomor 1 itu berdasarkan takdir Allah ketemu atau enggaknya (kita gak bisa ngatur). Kalau nomor 4 ini, kita agendain a.k.a dimasukkan ke itinerary kita. Misal kita mau ke Labuan Bajo 4 hari. Ya sebelum itu bisa kita cari di Google panti asuhan di daerah penginapan kita. Kalau udah ketemu, masukkin deh ke itin (misal di hari keempat sebelum nyari oleh-oleh pulang). Then pas hari H, datang kesana, bantu semampunya, dan dengarkan juga kisah dari pengelolanya — pasti inspiratif dan lagi-lagi bikin hati makin lembut :’).

5. TADABBUR DI PERJALAN PULANG

Sejatinya, segala sesuatu bisa dibilang ‘worth it’ kalau ia bisa menambah iman — Kalau sepulangnya, ketaatanmu pada Allah makin bertambah, kecintaanmu pada sang Pencipta makin besar, dan rindumu bertemu dengan-Nya makin mendalam, dsb. Di hari terakhir atau ketika di kendaraan saat perjalanan pulang, kamu bisa merefleksikan apa yang dilihat, dirasakan, dan dialami. Kamu juga bisa mengambil pelajaran dari apa yang Allah izinkan kita lihat selama trip. Tidak lain tidak bukan, tujuannya agar perspektif kita makin luas akan nikmat Allah. #jadi-nyess-ngetiknya ;'(

Jadi.. itulah 5 tips menarik tentang gimana bikin jalan-jalanmu berbuah pahala, seperti sedang ibadah :D. Mungkin terkesan ‘effort‘ banget, tapi percayalah.. GAK ADA sesuatu di dunia ini yang membawa manfaat kalau bukan ditujukkan untuk kebaikan dan islam. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasimu.

Kalau kamu mau jalan-jalan, jangan sampai lewatin artikel Barang Bawaan setiap Muslim Traveller yang PRO!. Itu gak kalah menarik tipsnya!

close

Mau dapet Quranic Reflection dari Penulis ke Emailmu langsung?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 450+ Milenial seluruh Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

3 thoughts on “Agar TRAVELLING Berbuah PAHALA!

  1. Masyallah, pengeeennnn deh travelling bareng mimin
    Kapan ya kira-kira? #ngayalajaduluyaaawkwk
    Aku suka sama semua point dan penjelasannya. Terlebih untuk yg point “3. Visit Masjid Lokal”, why? karena memang bener, selain tujuan utama kesana untuk sholat, kita juga bisa istirahat sejenak sambil kenalan dan sharing dengan aktivis masjid ataupun jamaah disana. Kalo beruntung, bahkan mereka yg rata-rata ramah menyambut saudara sesama muslimnya ini kadang suka ngasih makanan loh hehee.. pokonya insyallah gaada ruginya deh mampir dan sosialisasi dengan orang-orang masjid >,<

Comments are closed.

Next Post

Ketika 'SUMPAH' dan 'ANGIN' Bikin Kita Bergetar!

Wed Oct 23 , 2019
Ibarat HP yang punya segudang feature, Al-Qur’an juga punya feature yang gak kalah menarik! I’ve to tell you this karena sering banget kita ngaji tapi […]