Frequently Asked Questions

1. Apaan sih NN?

Ngafal Ngefeel adalah Program Ngafal Quran Asik dan Tadabbur Gaya Milenial. Program ini menerapkan metode 3M (menghafal, memahami kosakata bahasa Arab Qur’an, dan mentadabburi kandungan ayat per ayatnya) untuk muslim dan muslimah milenial (<28) secara daring selama sebulan.

2. Terus, Ngefeel maksudnya apa?

Ngefeel itu suatu kondisi di mana ketika ayat-ayat quran itu didengar atau dibacakan, kamu merasa terhubung dan terbayang akan kandungannya. Sehingga rasa-rasanya, Qur’an itu sedang berbicara padamu atau menasihati kamu secara langsung.

3. Surahnya apa aja?

Karakteristik kami tuh surah tengah. Surah yang jarang dihafal oleh kebanyakan orang. Sejauh ini, kami membuka surah:

  • Luqman
  • As-Sajdah
  • Taha (ayat 1-40)
  • Al-Mu’minun (ayat 1-30).
  • Khusus Ramadhan JUZ 30: Al-Ghasyiah

Namun, tak menutup kemungkinan, kami membuka surah-surah lainnya soon..

4. Apa sih yang bikin FAVORIT dan seat pendaftarannya cepet banget GHOIB?

Beberapa hal yang bikin NN unik, efektif, menarik, mengguggah bagi para pecinta mutiara Al-Qur’an adalah:

  • Tulisan tadabbur ringan / Insights per ayatkhas NN’
    Kita tahu banget kamu itu super sibuk! Jadi di NN, kamu gak perlu cape-cape nyari bahan belajar sendiri. Kamu cuma diminta fokus aja, ngeluangin waktu buat baca tulisan (yang disiapin tim dari Hati) dan ngafal target ayatnya.
  • Setoran Lewat WA CALL
    Namanya manusia, kadang mulut kita salah ucap gitu. Nah jadi kalau ada kesalahan bacaan, mentor-mentor baik hati kami bisa langsung ngebenerin kamu secara LIVE saat itu juga lewat WA Call.
  • Weekly Fun Quiz
    Namanya juga manusia, makhluk pelupa. Nah biar kandungan ayatnya makin nempel, tim udah nyiapin quiz seru buat kamu review setiap pekan. Asik banget deh!
  • Dipantau Progresnya Satu-Satu
    Setiap orang yang mau lebih dekat sama Qur’an, wah bagi kami mereka berharga banget. Jadi siapapun yang lolos seleksi NN, tentunya dia akan benar-benar dipegang, dibimbing, dan dipantau progresnya. Semoga itu kamu 🙂
  • EVENTS
    Ngafal, tapi gak cuma ngafal. Biar gak boring-boring amat, kita punya 3 events setiap angkatannya. Di awal ada HOPE (Hari Orientasi Peserta), di tengah ada FGD, dan di akhir, ada selebrasi kita.. Sesi Wisuda. Semuanya lewat ZOOM.
  • GRATIS
    Bagi peserta baru yang lulus, kita bakal kasih FULL BEASISWA. Tapi buat yang udah jadi alumni terus ketagihan mau lagi dan lagi, kita kasih peluang Berinfaq Rasa Syukur. 🙂

5. Terus kalo perempuan lagi H**d, gimana?

Dalam program ini, kami mengambil beberapa pendapat fiqh nih, yang ngebolehin muslimah menghafal Al-Qur’an dengan niat sebagai dzikir, selama menghindarkan diri dari memegang Mushaf. Sebagaimana juga hal ini umum banget ditemuin di program daurah offline (karantina-karantina hafal Qur’an) di mana peserta akhawat tetap berziyadah.

Menimbang bahwa :

  • Program ini berjangka waktu
  • Meniatkan sebagai dzikir
  • Ikhtilaf yang terjadi fokus kepada memegang mushaf, jadi kami mengarahkan alternatif bagi kamu untuk : mendengarkan audio yang diberikan di grup dan menggunakan aplikasi HP saat menghafal. Berikut penjelasan Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaily.

Hal ini juga mengacu pada hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib: “Tidaklah Nabi melarang seseorang membaca sesuatu pun dari Al-Qur’an selama dia tidak dalam keadaan junub.”

Allaahu’alam bishawab.

6. Emang Efektif?

Biar gak ada prasangka antara kita, mending langsung aja deh kamu intip sendiri komen-komen netizen di Amazing Experience – Review dari para peserta setiap angkatan.

7. Kenapa sih Harus Banget “Ngafal”?

Simpelnya gini, pas kamu lagi berdiri sholat fardhu, boleh nggak baca surahnya sambil megang Al-Qur’an?
engga boleh kaan??

Nah itulah! NN ada buat level up sholat kamu. Buat nambahin koleksi bacaan surah sekaligus support kualitasnya, biar sholat kamu makin meaningful.

Yaa pikir aja, enak nggak sih kalo kita berdiri di hadapan Allah (sendirian atau berjamaah) tapi kitanya gak ngerti apa-apa? rukuk yaa rukuk.. sujud ya sujud…. Hmm boring gitu kan? Tentu jauh lebih asik kalo kita ngefeel apa yang dibaca!

Yep. Harapannya, kapanpun kamu baca surah yang udah di “NN-in” dalam sholat, kamu betah lama-lama berdiri di rakaatnya. 🙂

8. NN bakalan se-seru apa kalo bulan Ramadhan?

Khusus bulan Ramadhan, bulan anniversary-nya Qur’an, we open for public… No gender, No age, No Cost. Siapapun berhak nge-feel sama Qur’an! Kami buka 4 program spesial bertemakan ‘DIVE INTO SURAH AL-GHASYIAH’, di antaranya:

  1. Kelas Ngafal Ngefeel
    15 Hari Menghafal, Tadabbur dan Belajar Kosakata Bahasa Arab Al-Qur’an.
    Belajar via Whatsapp Group dan Setoran via Whastapp Call
    Waktu setoran harian: Menyesuaikan antar mentor dan mentee
    **Peserta wajib mengikuti HOPE (Hari Orientasi Peserta) pada 11 April 2021.
  2. Kelas Ngefeel Bareng
    15 Hari Tadabbur + Games Seru
    Belajar via Whatsapp Group
  3. Podcast
    Nge-review Qur’an singkat dengan cara yang asik.
    Dapat diakses berkali-kali dan diunduh di Spotify, Google Podcast, Anchor, RadioPublic.
  4. Program Berbagi
    – Traktir buka puasa untuk santri rumah Qur’am selama 30 hari berturut-turut
    – Youth in Action (Berbagi ta’jil ke masjid-masjid di satu hari spesial).

9. Dari mana kita tau info-info NN?

Udah sekeren ini masih ragu juga? Duh udah lah.. Daripada keponya sampe kebawa mimpi, langsung aja deh gabung di Telegram buat tau info-infonya. Kalo mau ngajak kerjasama juga boleh kok. Hubungi admin aja yaa…

**OHYA TAPI INGET!!!
Program ini HIGH COMMITMENT. Uang mungkin semua orang punya, tapi komitmen? Gak semua orang punya! Jadi.. Pastiin diri kamu berani komitmen sebelum daftar! 🙂

10. Alur Pendaftarannya Gimana?

15 thoughts on “Frequently Asked Questions

  1. MasyaAllah, keren Sekali program nya, dan bersyukur bisa bergabung di NN, jazakunallah Khairan Tim NN, Barakallah fiikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *