Sungguh, manusia berada dalam kerugian.

Al-Asr: 2

Semua orang Islam seminimal-minimalnya hafal Surah Al-Asr. Surah pendek yang selalu dibaca anak TPA sebelum pada pulang. But trust me, gak semua orang Islam paham esensi Al Asr. Karena kalau paham, pasti gak akan lagi mereka buang-buang waktu — disadari atau tidak, kita begitu :(.

Gak usah khawatir! Kalau kamu bingung gimana caranya mengatasi zaman yang “gampang buang-buang waktu” ini, kamu ada di artikel yang tepat! Disini aku akan membagikan peronal tips 5 CARA AGAR KAMU STAY PRODUCTIVE. It works on me so well and I believe it will do the same thing on you..

KNOW THE ESSENCE OF AL ASR

Ini modal utama tiap orang! SERIOUSLY! Kalau udah pernah tadabbur Al Asr (kalau belum, mampir di Qur’an Journalling Al Asr), kamu GA AKAN PERNAH buang setiap nafas yang kamu hembuskan sia-sia. Kalau kamu udah self-aware, paham kalau waktu itu KEEP going, NEVER ever return and the most precious wealth everybody has, pasti menjalaninya lebih mudah. Sejatinya kalau orang kerja, yang perusahaan beli itu bukan hanya skill kamu, tapi beli WAKTU kamu.. untuk berdedikasi, yaa ngabisin umur bareng di kantor. Karena dengan waktu, orang bisa melakukan segala banyak hal. Ahli maksiat aja kalau dia mau meninggal GA AKAN BISA taubat kalau gak dikasih tambahan waktu. Orang sakit yang mau sembuh aja butuh waktu. Belajar, nulis, dll butuh waktu. 5 menit kamu main instagram sama 5 menit baca Qur’an ‘walaupun terbata-bata’, jauh beda nilainya di mata ALLAH SWT.

PLAN THINGS AHEAD

Agar hari-harimu bermanfaat, kamu harus punya daftar rencana tentang apa yang ingin kamu pelajari dan capai selama beberapa hari ke depan. Daaaann.. agar segalanya efektif, efisien, rapi, terstruktur, dan gak ada yang terlewat, baiknya dicatat HP (Google calendar) atau buku agenda, boleh dimana aja asal jangan di tembok tetangga :D.. Kalau aku selalu buat di Calendar Reminder. 5 menit sebelum waktunya, ia akan otomatis kasih reminder dan kalau aku cuekin, it turns to be so annoying (tetep ngingetin). Bagus kan? Iya, terutama kalau kita procrastinator. Ga perlu rencanain detail (kalau mau ya bagus), cuma kalau aku biasanya hanya merencanakan pertemuan, topik nulis atau kerja, janji, hal baru yang ingin dipelajari, dll. Intinya kita harus punya jadwal sendiri — jangan ngikutin flow hidup aja atau apalagi ngikut agenda temen. Kalau temennya shalih sih masih mending, kalau bandar Narkoba?.

Kamu bisa juga bisa rencanain kegiatan dalam seminggu yang fokus pada skill yang mau diperdalam. Hal-hal umum bagi muslim juga seperti Murojaah, Ziyadah, baca tafsir, dan belajar bahasa Arab, itupun perlu direncanain, karena kalau enggak, gak akan kejadian. Karena syaitannya lebih kuat buat bikin kita malas a.k.a kaum rebahan ;D.

KEEP YOURSELF OCCUPIED

Apalagi masih muda, godaannya banyak banget untuk santai-santai, nongkrong gak bermanfaat dan buang-buang waktu. Nah kalau seandainya kamu udah punya agenda tapi gak kejadian dan end up jadi waktu kosong, langsung saat itu juga isi dengan hal yang bermanfaat. Misal, lagi di jalan atau sambil nungggu, dzikir, baca buku, nonton Youtube (kajian atau sesuatu yang membawa manfaat — gak sekedar video yang menghibur aja), pokoknya maximize your gap time effectively.
Terus, gimana kalau kita diajakin teman kita? Well, setiap kegiatan yang akan kamu lakukan idealnya perlu dievaluasi dan direfleksikan lagi akan manfaat yang di dapat (terutama dari segi akhirat). Daann, barmoeter terampuh buat ngecek sesuatu bermanfaat atau engga, cek aja kalau kamu meninggal di tempat itu, dalam keadaan itu, dan sedang melakukan itu, ridho nggak? 🙂

GATHER WITH GOOD QUALITY OF PEOPLE

Sering dengar kata-kata “Bergaul dengan orang-orang sholeh”? Yep. Kalau berteman sama yang shaleh, duduk bareng mereka aja udah bisa dapet hikmah (kaya di Al Asr: saling menasihati untuk kebenaran dan kesabaran). Kitalah yang tahu kualitas teman kita. Kitapun harus bisa tegas bilang NO kalau ada teman (yang sekiranya bisa membawa pengaruh negatif dan buang-buang waktu) ngajak ke tempat atau aktivitas yang gak jelas. Jadi, berkumpul dengan teman-teman yang produktif dan yang udah bisa manage time-wasting activities (misalnya gak main games, gak nongkrong yang unfaedah, dll) itu NGEFEK banget!

JOIN VOLUNTARY ACTIVITIES

Anak muda harus kaya manfaat, karena ia ada di puncak-puncaknya semangat, energi, kemampuan berfikir, dll. There are so much potential you own within yourself. Nah, setan tuh demen banget godain bikin semua potensi itu SIA-SIA. Padahal masa muda cuma sekali kan?
Nah agar semuanya tersalurkan dengan baik dan waktumu bermanfaat, kamu bisa ikutan program sosial. Program sosial apa? Yaa panti asuhan apa kek, organisasi bantuan Palestina apa kek, bantuin bikin kajian atau gulung karpet masjid minimal :D.. minimal jadi relawan untuk bantu-bantu orang yang sedang kena bencana alam, miskin, dll. Yaa kamu tahu laah aktivitas-aktivitas sosial yang bernilai di mata Allah.. Kalau kamu sibuk dalam kebaikan, niscaya potensi bermaksiat pun berkurang.

Itulah 5 cara agar kita bisa berhenti membuang-buang waktu. It’s all wrapped up in 5 ways.. Intinya, anak muda itu harus sibuk, produktif dan punya agenda sendiri. Produktif itu bukanlah melakukan banyak hal dalam setiap waktunya melainkan melakukan hal-hal yang penting dan bermanfaat sehingga kita tidak menjadi orang yang miskin kesempatan dan merugi di kemudian hari. Jangan COPAS agenda orang lain juga kecuali itu punya nilai kebaikan dan manfaat pada diri kita. If you apply this, at the same time, kamu udah bisa mengaplikasikan surah ‘Al Asr’. Keren kaan??? It seems so tough at the beginning, but bear with me, when you’re doing this, you’re shaping your future!

close

Mau dapet Personalized Quranic Reflection langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 1000+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

Next Post

Looking for Pearls

Fri Oct 11 , 2019
We are all diversIn the seaWe're looking for somethingThat was told by the MasterJust right before diving inWhen its time..When the oxygen in the tank […]