Karena Ramadhan telah berlalu, banyak juga nih yang mengalami penurunan dalam berperilaku 🥀
Gak menahan amarahnya lagi, gak nahan gibah lagi, gak ngaji se-intense kemarin lagi, gak banyak menyibukan diri di masjid lagi, gak qiyam lagi, gak dan sebagainya..

Which led me to think….
Kalau bulan Ramadhan setan-setan diiket, berarti syawal ini..
MEREKA KEMBALI DILEPAS
naudzubillah tsumma naudzubilaah 😖 Duuh kita harus hati-hati banget nih!!!!

Maka di postingan kali ini, aku mau ngajak kamu ngobrol tentang jerat-jerat setan! Lebih tepatnya, skala prioritas setan dalam menggoda kita. Baca sampe abis ya. Soalnya 3 POIN terakhir RELATE banget!!! 🤧

1. Setan bikin kita OTW ke Kekafiran/Syirik/Kemunafikan

Ini adalah tujuan terakhir alias final destination nya semua setan dalam menggoda kita. Tapi.. tentnunya cara main mereka aluuss. Mereka gakkan langsung straight-forward nyeret kita kesini. Mereka akan bergerak secara pelan-pelan, samar-samar, tapi rapi dan terstruktur. Mereka akan ngajak kita jalan ke beribu-ribu langkah dulu buat akhirnya sampe kondisi ini tanpa kita sadari. Walaupun kita semua yang lagi baca sekarang ngerasa, “Ahh enggak kali. Gue mah kuat iman!” Tetep aja.. kita perlu terus waspada dan mawas diri. Jangan-jangan kita semua lagi otw kesitu. Naudzubillah.

Nah kalo ini ga mempan, setan akan…

2. Setan bikin Bid’ah rasanya FINE~

Bid’ah apaan si?
Bid’ah itu “bikin-bikin ibadah tanpa ada contoh dari sebelumnya.” Jadi orang yang bid’ah tuh nggak plek-plek n copas cara Nabi ﷺ gitu dalam ibadah. Mereka bikin-bikin sendiri atau ngikutin tradisi keluarga/nenek moyang dahulu aja. Naaaah setan itu demeeeen banget bikin kita cape sia-sia. Ibadah cape-cape, tapi ternyata gak diterima Allah. 🥀 Setan hobi banget menghiasi aktivitas manusia yang salah, seakan-akan rasanya itu benar, indah, dan fine-fine aja. #Astagfirullah

terus.. kalo bid’ah ini gak mempan di level iman kamu, setan akan…

3. Setan bikin kita ‘nyungsep’ di DOSA BESAR

Well, kalo ini kita udah kenal kan apa aja contohnya?
Iya dosa besar seperti menyekutukan Allah, membunuh, berzina, menikmati riba, memakan harta anak yatim, menuduh wanita baik-baik berzina, durhaka pada orang tua, berjanji/bersumpah palsu dan lain lain.. Nah itu semua deretan dosa besar.

Intinya, kalo setan gak berhasil jatuhin kamu kesini alias kamu termasuk orang yang aware sama dosa-dosa ini, setan akan..

4. Setan bikin kita ‘ngegampangin’ DOSA KECIL

Engeh nggak sih, kadang kita ngerasa:

“Yawda laa! Bad scene juga cuma beberapa. Nonton film yang ada ‘scene ini’ dikit gapapa kaliii. Tar sholat dikit.. dosa gue juga luntur”
“Yawda laa keliatan aurat dikit gapapa. Ntar istighfar juga diampunin!”
“Yawda laa riya di hari raya gapapa. Pamer dikit di medsos gapapa. Orang lain juga pada kek gitu. Orang lagi musimnya kok (lebaran).”

Well… Kita tahu kan, kalo gunung yang tinggi besar dan menjulang itu tersusun dari batu-batu kecil? 🙂
So jangan pernah remehin yang kecil!! Dosa kecil tapi terus-terusan disepelein, pas kekumpul juga nantinya bisa ngebinasain diri kita..

Terus, kalo dosa kecil ini gak mempan, setan akan cara lain untuk..

5. Setan Sibukkan kita di Hal-Hal Mubah

Apa hal-hal yang mubah?

Yaaaa seputar hobi (olahraga), main medsos, main games, travelling/safar kesini, safar kesitu, well semua itu boleh. Iya boleh banget. Namanya juga ‘mubah’. Kalo aktivitas positif emang gak dosa. Cuma seringnya kita itu ‘kebanyakan‘. Gak tarawih demi sepedaan/skateboard-an/hang-out dan nyanyi di cafe, gak baca Qur’an demi main games.
Kita haru tau kalo setan suka bikin kita terjebak di perkara-perkara ini biar waktu kita abis. Pas kita mati, ternyata catatan amal kita cuma sedikit. 😱 Bahkan kosong. Udah tau umur kita cuma bentar, waktu yang merupakan anugerah besar, malah diabisin gitu aja. Kapan dzikir? Kapan berbakti sama orang tua? kapan belajar Qur’an?

Jadi… yang mubah boleh aja tapi jangan berlebihan karena hidup cuma BENTAR. Betapa banyak orang yang keluar rumah, tak terdetik sedikitpun akan meninggal, tapi tau-tau umurnya terpotong sampai situ??

Oke kalo yang mubah gak mempan juga di kamu, maka setan gakkan pernah kehabisan akal. Dia akan…

6. Setan Sibukkan kita di ibadah-ibadah Yang Pahalanya Kurang

Kalo digodain dengan dosa besar dan kecil gak mempan juga, setan tau persis kamu pasti suka ibadah! Nah mereka bakal nawarin kamu ibadah tapiiiiii yang pahalanya kecil aja. As the result, kita ninggalin ibadah utama yang pahalanya jauh lebih besar. Contoh gampangnya nih, #1 mentingin sholat duha tapi sholat subuh kesiangan terus. #2 Kita punya orang tua ➝ wah itu kan pahalanya besar ya buat menjaga dan mengurusnya. Tapi setan bkin kita lalai dari ibu kita dengan dakwah di luar, kontribusi organisasi ini organisasi itu, sibuk santunan anak yatim, lebih mentingin ngaji 24 jam, well itu semua bagus emang. Bagus. Berpahala juga. cuma pahalanya gak lebih besar dari berbakti sama orang tua. Jadi.. setan tuh demen banget bikin kita SALAH PRIORITAS. Setan demen bikin kita fokus di hal berpahala kecil biar lupa sama yang pahalanya besar.

Aduuuhh….

Kalo kita ngaca dan lihat diri kita sekarang,
kita-kira kita di nomor berapa ya? 🤧🤧

Maka kalo setan udah bergerak seistiqomah dan seprofresional ini, kita gak bisa rebahan dan santai-santai aja. Kita harus selalu waspada, memohon perlindungan Allah agar selalu mawas diri dari jerat-jerat setan. Semoga setelah baca ini, kamu jadi lebih bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, memanfaatkan sisa umur sebaik-baiknya, fokus ke hal yang bermanfaat dunia akhirat (bukan dunia doang) dan engga salah prioritas mana yang wajib/berpahala besar, dan mana yang sekedar mubah.

Sekali lagi, hati-hati yaa. Jaga diri kamu baik-baik!

Beware!
Cause their traps are everywhere~

close

Mau dapet Personalized Quranic Reflection langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 750+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

9 Macam Kata 'Unta' Dalam Al-Qur'an. Apa Bedanya?

Sat Jun 5 , 2021
Menurut ahli bahasa, ada sekitar 6000 kata unta dalam bahasa Arab.#WOW👏🏻 Mungkin dari pernyataan ini, kamu terkaget-kaget dan bertanya, “Haah? kok bisa siihhh sebanyak itu?” […]