Kalo kita sering ngerasa negatif, kesel dan sering di PHP-in, mungkin kita perlu belajar dari sosok ini. Sosok yang penyabar dan positiiiiiff bangeeeettt karena di setiap musibah, kesempitan, kesulitan, kesedihan, beliau selalu mengedepankan prasangka baiknya. He always looks at the bright side even in every dark situation. Ishh pokoknya kita HARUS BANGET belajar dari orang ini!

Ssttt!!!!
Orangnya diabadikan di Quran. Dia tuh diomongin di ayat ..

…… Dan berkata Yusuf: “Wahai ayahku! Inilah arti mimpiku yang dahulu itu; Dan sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya suatu kenyataan #1️⃣ Dan sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku #2️⃣. , ketika Dia membebaskan aku dari rumah penjara dan ketika membawa kamu dari dusun padang pasir, setelah setan merusak (hubungan) antaraku dan saudara-saudaraku. #3️⃣ Sesungguhnya Tuhanku Mahalembut #4️⃣ terhadap apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana. #5️⃣ (QS. 12:100)

Dari baca ayatnya aja sebenernya dah bisa ketebak kan siapa yang mau diomongin?

YUP bener!! Nabi Yusuf a.s.!

Jadi ayat ini tuh speech penutup atau parthappy ending” nya nabi Yusuf a.s.. Dari segala kesulitan yang dia rasain dari kecil, ujian yang bergulir tanpa henti, masalah yang datang bertubi-tubi, ini adalah part di mana Allah membayar semua buah kesabarannya. Secara sempurna. Sempurna. Sempurna.

Nah sekarang coba deh kamu perhatiin di bagian yang aku nomer-nomerin. Coba kita rasain bagian-bagian melting nya yaa. 💔

1️⃣ “Sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya suatu kenyataan”

Pas nabi Yusuf kecil, beliau pernah mimpi “sesuatu” yang kalo diceritain ke abang-abangnya, mereka bakal hasad. Dan ayahnya, nabi Yaqub a.s., bilang “dah keep aja mimpi ini jangan dicerita-ceritain. Ntar kalau udah gede, Allah bakal nyempurnain nikmat-Nya ke kamu dan ngejadiin kamu Nabi.” (12:5-6)

Lalu… dimulai dari kecil – beranjak remaja – kemudian dewasa, barulah mimpi itu jadi kenyataan. Bayangin!! nabi Yusuf butuh bertahun-tahun buat ngeliat BENARNYA janji Allah. Buat ngeliat kalo mimpi-mimpinya itu tidaklah kosong semata. Jadi.. buat kita yang baru SEHARI diuji terus berisik, “Mana janji Allah? mana? Allah ga pernah bantu aku!” HEIII sabaaaaaaaar..

kalau aja kita mau sabar dengan tulus, pasti akan ada momen di mana kita ngomong persis kek nabi Yusuf “Sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya suatu kenyataan” :”)

2️⃣ “Tuhanku telah berbuat baik kepadaku”

Dari semua kesulitan di hidupnya nabi Yusuf — diambil bajunya dan dicemplungin ke sumur dalam keadaan dingin tanpa baju, human trafficking 😖(dijual dan dibeli), dijebak dan difitnah, dimasukin penjara — semua kek gaada tuh yang diinget sama nabi Yusuf. 🤧 Di akhir beliau malah bilang, “Allah tuh baik banget loh sama aku. Allah udah baik banget di semua sisi dan jalan hidup aku” #duuuh hatinya tuuh.. Bikin melting🤧

Dan eloknya lagi dalam bertutur, beliau ini kan ngomong di depan orang-orang termasuk ada abang-abangnya disitu, nah beliau tu ga bawa-bawa masa lalu, misalnya nyinggung kesalahan mereka tentang kasus sumur, bajunya pernah diambil. dsb. Beliau cuma highlight penjara, dan itupun bukan di angle “pernah masuk”. tapi “gimana Allah akhirnya mengeluarkan beliau dari sana”. Ya Allaaaah..💔

3️⃣ “Setan merusak (hubungan) antaraku dan saudara-saudaraku.”

Nah ini nih.. ini! Biasanya kan kalo ada orang jahat keterlaluan, manusia bakal gampang ingetnya dong? Iya. tapi nabi Yusuf ini beda. beliau tuh husnudzon banget. Seakan bilang, “Ini bukan abang-abangku kok yang jahat. Ini kerjaan setan aja yang pengen ngerusak hubungan aku dan abang-abangku. Ini salah setan!” Ya Allahhh😭 Indahnya akhlak nabi Yusuf. Udah gantengnya original tanpa filter hape, mannernya juga excellent banget.💔 sisain kita satu yang kek gini ya Allah 😩

4️⃣ “Sesungguhnya Tuhanku Maha Lembut”

Dan speech ini ditutup dengan “Sesungguhnya Tuhanku Maha Lembut 💔 ” Aduh…

Oke gini loh gini.. Kalo hidup kamu penuh dengan kesenangan, wajar banget ngomongnya begini. Tapi buat orang yang dari kecil hidupnya sediiiiiiiih mulu, WOAWW banget sih!!!! Seakan bilang “Ini Allah lembut banget sama aku. Lembut banget dalam ngatur semua skenario dan kejutan-kejutan ujian dalam hidup aku.”

Kapan yaaa kita bisa setting hati kek Nabi Yusuf? 🤧

5️⃣ “Maha Mengetahui, Maha Bijaksana..”

Nah penutupnya juga. Sama. Sama-sama Bikin Melting.

“Allah Maha Mengetahui” segenap perkara yang zahir dan batin, rahasia-rahasia para hamba-Nya serta bisikan hati mereka. “Lagi Mahabijaksana”, dalam meletakkan perkara-perkara di waktunya yang TEPAT dan telah ditentukan.

So buat kamu yang lagi baca refleksi ini, aku gatau yaa apa yang kamu rasain saat ini, entah kesulitan atau kesempitan, tapi percaya dan yakin aja.. Allah tuh janji-janjinya gak pernah kosong. Allah itu ANTI PHP. Kalau kita berdua saat ini masih ‘suffering’, sabar aja. Karena mungkin Allah tahan dan mau kasih “brek” di akhir yang bikin kita nangis bahagia terkagum-kagum.

If you feel like everyone’s dream is moving forward, and we just stay still on our path, just remember that Allah is Al Muqaddim and Al Mu’akhir. Allah Yang Maha Mendahulukan, Allah Yang Maha Mengakhirkan. Inget aja gimanaa Allah pernah delay happinessnya nabi Yusuf di awal dan membayar itu semua, membanjiri itu semua di akhir. Dan tentunya di akhirat lebih-lebih lagi balasannya.

Jadi jangan pernah kecewa yaa. Kita cuma lagi diuji kok. Dan ujian itu sebentar. Liburannya yang akan lebih panjang 🙂

Sungguh Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat baik (9: 120)

Semoga Allah menjadikan kamu dan aku termasuk al-muhsiniin, karena..

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ.

🌷

close

Mau dapet Personalized Quranic Reflection langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 1500+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *