Kali ini, aku mau ngobrol sama kamu sesuatu yang emotionally charging banget di Quran..

Selama tilawah, mungkin kamu dah baca dan ngelewatin ayat ini puluhan kaliii..
Cuma saat itu gak pernah tau dan kebayang, betapa dalam dan indahnya mutiara makna yang terkandung di dalam cangkang bahasanya..

Ayat itu berbunyi…

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

Sekarang,
coba kita intip artinya bareng-bareng,,

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Yunus: 57

Hmmmmpretty straightforward!
Cukup to the point sebenernya tanpa harus buka-buka tafsir. Tapi sebenernya ada hal yang keren, melting dan charging banget yang perlu kamu tau di balik penggunaan kata-kata di ayat ini.

Sekarang coba kita zoom in 4 kata dalam bahasa Arabnya..

PELAJARAN

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

Waw liat deh ayatnya!
Kalo kamu engeh, di situ tuh ada kata مَّوْعِظَةٌ buat “pelajaran.”

مَّوْعِظَةٌ itu bentuk Hyperbole (Sighatul Mubalaghah) dari mashdar عِظَةٌ yang artinya pelajaran yang sangat dalam, kuat dan menggugah. Mauizhoh berasal dari kata kerja Wa’adza – ya’idzu yang artinya nasihat yang diberikan di MOMEN YANG PAS, yang bisa mempengaruhi hati dan perasaan seseorang. Jadi nasihatnya tuh kek masuuuuuk bangettttt.. 🥺 

Maksudnya gini lho, pernah ngga sih ada suatu momen di hidup kamu yang mana tiap kali denger ceramah, keknya tuh cuma masuk kuping kanan, keluar kuping kiri aja? Biasa aja, kek hambar gituu..

Dan dalam hidup juga, ada waktu di mana hati kita terbuka dan nasihat itu MASUK, bikin kita berubah. Naah nasihat kek gitu tuh, disebutnya مَّوْعِظَةٌ. Emotionally charging advice. 

Jadi dari 1 kata mauizoh aja, artinya sebenernya kek gini:

Hai Manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu, pelajaran yang sangat dalam, kuat dan menggugah. Pelajaran yang bakalan bisa banget ngecharge hati kamu…🔋🔋

Wooowwwww 🥺

Sekarang pertanyaannya, kapan orang-orang bakalan nyari mauizoh?

Tentunya pas mereka lagi ada masalah, dong?

Iya.. Jadi harusnya kalo kita punya masalah, larinya tuh ke quran. Bukan ke yang lain. Karena quran punya mauizoh.

Kadang kita suka bertanya-tanya, “Duuhhh dosa saya banyak banget. Gimana atuh hati saya bisa dibersihin?”

Yaaa iniiiii jawabannya!!! Ayat ini ngasih tau kita jawabannya! Yaitu ketika ngizinin mauizoh itu masuk.

Adanya mauizoh/nasihat-nasihat ini di Quran buat memperbaiki akhlak-akhlak kita, daan amal perbuatan kita..

Ya Allah🤧, baik banget siih…

SYIFAAA

Keyy.. sekarang kita masuk kata kedua.
شِفَاءٌ. Kata yang cukup umum di telinga.

Syifaa sendiri artinya “penyembuh.” Bukan obat ya. Mohon jangan salah kaprah. 😖 Jangan artiin syifa “obat”. Karena “obat” sendiri bahasa Arabnya dawaa.

Mungkin kita mikir, “Laah kenapa Allah gak pake kata dawaa aja di sini?”
Salah satu hikmahnya.. karena obat tuu belum tentu nyembuhin. Sedangkan penawar/penyembuh (yaaa kita mikir aja, namanya jugak PENYEMBUH), udah pasti bisa nyembuhin.

Nyembuhin apa?

Nyembuhin penyakit-penyakit kita dalam dada.

Bisa juga segala keraguan/penyakit hati kaya iri, hasad, dengki, cemas. Tapi sih di konteks ini lebih ke penyakit syirik.

Jadi… kalo kita lagi sakit secara spiritual, terus larinya ke quran dan mauizoh/pelajaran itu masuk, yang kita dapati setelahnya hanyalah Kesembuhan. Syifaa. BEREFEK gitu. 🥺🥺🥺

MasyaAllah..
Dari mauizoh dan syifa aja, kita bisa ngerti kalo sebenernya nasihat itu baru bisa berfungsi kalo hati kita terbuka. Kalo kitanya ngizinin itu masuk.. 🥺

PETUNJUK

Selain mauizoh dan syifaa, di ayat ini juga ada kata هُدًى. Hudan artinya petunjuk، bimbingan, tuntunan, arahan.

Btw, petunjuk buat apa?

Petunjuk buat segala bimbang dan keraguan yang bersarang di hati kita..

Jadi.. ketika pelajaran udah masuk (ke hati) dan jadi sembuh, kita kan dapati ‘arahan apa’ yang harus dilakukan setelahnya.

Duuh ini sih paket lengkap. 🤧

ROHMAH

Daaaaan kata terakhir ialah Rohmah.
Rohmah pasti dah tau kaan artinya?
Iyap betuull..
Kasih sayang.

Jadi.. Ketika kita dah lebih baik perasaannya, kita kan menyadari betapa besarnya rahmat itu. Blessings come! Kita pun jadi paham bahwa sebenernya bisa ngefeel ke quran tu blessings. Nikmat yang Allah buka dan gak kasih itu ke tiap orang gitu aja. Al Qura’n sendiri (satu paket komplit 114 surah) sebenernya dah jadi rahmah. Bukti besarnya cinta dan kasih sayang Allah ke kita.

“Ah masa iya sih kaya gitu? Kayaknya gak semua orang bisa ngerasain efek ini deh kalo buka Quran!”

Well.. kalo kita liat ujung ayatnya, Allah sebutnya lil mu’minin. Emang gak ke semua orang. Tapi untuk orang-orang yang beriman aja. Allah mengistimewakan mereka dengan itu secara khusus; Karena emang yang bisa ngambil pelajaran dan manfaat cuma orang mukmin..

So, dari 4 pembahasan kata di atas, arti keseluruhan surah Yunus ayat 57 sebenernya tuh jadi kek gini:

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu, udah ada nih di tangan kita,
Pelajaran yang sangat dalam, kuat dan menggugah, yang bisa banget ngecharge hati kamu, dari Allah,
dan Penyembuh yang udah pasti bisa sembuhin sakit hatinya kamu
dan Petunjuk yang gakkan pernah eror/salah ngasih jalan.
Serta Rahmat (dan ini semua bentuk kasih sayang-Ku)
bagi orang-orang yang beriman.

MasyaAllah…. melting ngga sih??? 💔💔

Allah bawain ini semua paket lengkap buat kita mengatasi segala hal… Terus kenapa kita masih nyari selain Al-Quran?? Yang pembuatnya aja ngga ngerti apa-apa tentang diri kita…

So, sekarang jangan jauh-jauh dari Quran ya. Karena nggak akan ada yang bisa lebih ngerti kita selain Allah dan kalam-Nya..

Saat kita punya masalah, tapi kita gak nemuin siapa-siapa yang bisa ngertiin kita. kita udah lari, pindah dari satu entertainment ke entertainment lain, tapi hati kita tak juga tenang.. Saat itulah tandanya kita perlu mengembalikan hati pada ke rumah sejatinya.. Tempat yang nyaman, sejuk, meneduhkan, dan selalu memenuhi ruang hati..

Itulah Al Qu’ran.


close

Mau dapet Personalized Quranic Reflection langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 750+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Teperangkap, Terjerat, Hancur Pelan-Pelan

Sun Aug 15 , 2021
Kamu tau apa yang syaitan inginkan darimu? Kamu tau apa yang syaitan ingin rusak dari jiwamu? Kamu tau apa yang syaitan pelan-pelan curi dari dirimu? […]