Kamu tau apa yang syaitan inginkan darimu?

Kamu tau apa yang syaitan ingin rusak dari jiwamu?

Kamu tau apa yang syaitan pelan-pelan curi dari dirimu?

.

Ialah ketaatanmu.

.

Ketika mendurhakai Allah terasa jauh lebih nikmat, terasa fine-fine aja (karena ngeliat yang lain juga ngelakuin hal yang sama), dan sebaliknya ketika menaati Allah rasanya seperti sesuatu yang aneh, engga modern, ketinggalan zaman, berat, dan menyulitkan, maka tandanya setan telah mendekorasi ulang tata letak dalam hatimu. #BAHAYA

Karena fitrahnya / default nya manusia itu “Yang Allah buat indah, kamu ngeliatnya indah. Dan apa yang Allah buat jelek, kamu ngeliatnya jelek.” Naah tapi kalo kamu udah izinin setan mengambil alih pola pikirmu, menyatu dalam segala proses pemilihan keputusanmu, bersarang dalam hatimu, semua pandangan ini akan rusak. Kacau. Error. Gak bisa dipake lagi buat ngeguide diri kamu jadi lebih baik. Kalo udah kaya gini maka #DARURAT!!!! Hatimu perlu diselamatkan!!!!!!!!

Biar kamu tau luar biasanya ancaman yang sedang mengintai dirimu sekarang, mungkin boleh kali ini aku temani flashback ke ribuan tahun lalu…

Hah?
Ngapain cape-cape ke masa lalu?

Buat nontonin suatu ADEGAN di Quran!! Buat ngobservasi, ngambilin bulir-bulir hikmah-hikmah yang bermanfaat buat diri kamu, plus sekaligus masuuuk ke dalam isi hati dan pikiran musuh kita yang nyata. Iya, nyata nan benar adanya walau tak kasat mata. Pintar nan licik karena game plan nya penuh strategi. Mainnya alusssss banget, masuk pelan-pelan, datang-pergi, muncul-hilang, dekat-menjauh, dekat-menjauh. Dia tuh gak pernah buru-buru. Tujuannya apa bisikan berulang kek gini?

Biar kamu bingung. Biar kamu ragu. Biar kamu takut. 😖

Bisikannya juga sering banget menyatu ke diri manusia makanya seringkali, kamu tuh jadi ga bisa bedain, “ini suara hati apa suara diaa??”

Oke to start off with, adegan lebih dekat tentang iblis ada di surah Al-A’raf. Dimulai dari ayat 11. Kalo kamu engeh, disitu Allah malah mulai ceritanya bukan dengan iblisnya, tapi dengan manusianya. Allah jelasin kalo kamu itu showwaro ➝ dibentuk rupanya dengan sebaik-baiknya, seindah-indahnya. (Makanya kalo ada yang ngatain kamu jelek, itu masalah mereka. Karena Allah sendiri aja bilang kamu itu indah 🥺)

Allah bikin kamu tegak sempurna. Mempunyai organ kompleks, sepasang mata, kulit dan segala kecantikan lainnya yang nikmat dipandang mata. Gak cuma itu. Allah buat kamu gak cuma indah di fisik, tapi secara moral, spiritual, etis, dan kepribadian. Nah inilah yang bikin iblis iri dan insecure. Ke-hasad-annya bikin dia gak mau ikutan sujud (menghormati wow nya ciptaan Allah) dan pas ditanya kenapanya, dia bilang, “Helooooo gue mah lebih baik kaleee daripada dia. أَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُ” (Makanya, kalo kamu pernah ada rasa “Gue lebih baik kali daripada dia. Karya gue lebih oke kali. Muka gue lebih oke kali. Kerjaan gue lebih oke kali. Bacaan dan pengetahuan quran gue lebih oke kali.” Whopssss beware!! Ntu bibit-bibit iblis!

Balik lagi..
jadi kalo diliat-liat lagi ceritanya, nabi Adam kan cuma dibujuk makan buah ya, sempet ngga sih kamu kepikiran “Laah makan buah doang kok bisa separah dan sefatal itu yaa akibatnya? Sampe-sampe dikeluarin dari surga? Karena kalo dibandingin sama kejadian di bumi kek pembunuhan, pemerkosaan, korupsi, penyiksaan, mutilasi, makan buah tuh kek gak ada apa-apanya. Banyak yang sebenernya lebih parah terjadi di bumi. 🤧

Nah Allah bilang di surah ini kalo motivasi syaitan tuh more than just a fruit!!! Syaitan pengen ngambil keindahan dari diri kamu. Setan pengen ngobrak ngabrik your inner beauty!! Setan pengen kamu bobrok dalam hal spiritual, moral, kepribadian, dsb. Makanya saat itu, setan ngebujuk ayah biologis kamu, nabi Adam a.s., buat engga taatin Allah. Karena saat kamu terekspos dengan sesuatu di luar perintah Allah, sejatinya itu ultimate ugliness. Kamu jadi jelek sejelek-jeleknya. 🤧

فَوَسْوَسَ لَهُمَا ٱلشَّيْطَٰنُ لِيُبْدِىَ لَهُمَا مَا وُۥرِىَ عَنْهُمَا مِن سَوْءَٰتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَىٰكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَٰذِهِ ٱلشَّجَرَةِ إِلَّآ أَن تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ ٱلْخَٰلِدِينَ

Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya (Adam dan Hawa) untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)”

(7: 20)

Kalo kita liat ayat aslinya, tujuan syaitan sebenernya buat bikin manusia menampakakkan سَوْءَٰتِ. Sauaat itu artinya nggak sebatas aurat ky di terjemahan atas. Artinya bisa juga keburukan dan mayat. Ya sekarang mikir aja, apa coba yang lebih jelek dari sesosok mayat? Mati. Bau. Pucat. Menakutkan. Menghitam. Keropos. Mengurai. 🤢 Jadi.. kalo kita nggak taat sama Allah, our soul starts dying. 🥀

Dan itulah yang setan bujuk ke ayah kamu, nabi Adam a.s., Yaitu ngelupain perintah وَلَا تَقْرَبَا هَٰذِهِ ٱلشَّجَرَةَ (Jangan dekati pohon ini). Bahasa kitanya gini:

“Eh Dam, nih gua kasih tau ya!! Lu tuh nggak bakal tinggal di surga selamanya, karena rencananya sih gue denger-denger, lu bakal di transfer ke bumi buat jadi khalifah. Iya bener kaya gitu. Kan pas Allah ngomong gitu, elu belum diciptain. Jadi gue yang denger. Nah jadinya nanti yang stay disini cuma malaikat atau orang yang kekal aja. Nih dengerin gue! Lu mendingan makan deh buah ini, karena nggak ada jalan lain buat bikin lo kekal selain buah ini.. Sumpah deh, Gue gak maksud apa-apa, cuma pengen ngasih tau lo aja. Gue sekedar nasihatin aja. (وَقَاسَمَهُمَآ إِنِّى لَكُمَا لَمِنَ ٱلنَّٰصِحِينَ). Makan, buah keabadian.”

Nah!

…. فَدَلَّىٰهُمَا بِغُرُورٍ ۚ فَلَمَّا ذَاقَا ٱلشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْءَٰتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِن وَرَقِ ٱلْجَنَّةِ ۖ

Maka syaitan membujuk keduanya (tuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga.

(7:22)

Duuh ini nihh.. Kata paling menarik yang pengen aku bahas. دَلَّ (Dalla).

Jadi Dalla dulunya diambil dari kata dalwun (ember). Zaman dulu ember kan digunain buat sumur ya. Jadi ember dicemplungin terus dikerek/ditarik ke atas. Oke, pertanyaanya, ngegerek ember dari sumur butuh waktu nggak? Iya dong. Adla dalwahu. It takes times. Slow process. Tapi kalo dalla kek di ayat atas (دلّ – pake tasydid) itu berarti extra slooowwww.. Extra long amount of time. Jadi setan bakalan ‘take a sweet time’ buat bikin kita jatuh. Kalo butuh 10 tahun buat bkin kamu rusak, dia bakal jabanin. Kalo dia butuh 15 tahun, 20 tahun buat bikin kamu bobrok, dia bakal istiqomah ngeusahain. Cause they are not in a hurry to get us to sin. He works 1% at that time.

Ketika dia ngedategin kita, terus kita bilang 🤲🏻😖 “Audzubillahi minasy syaitanir rajiim”, dia bilang, “Ooh oke, mungkin nggak saat ini, tunggu aja!!! Gue pasti balik lagi! Gue bakal dateng lagii pas lo lengah. I got you later. Dont worry baby. We got the time!”

Pelan-pelan tapi pasti. 🤧 Astagfirullah..

Hati-hati yaaa.
Aku bener-bener khawatir..
Kamu jangan jauh-jauh dari Dzat Yang Maha Melindungi. Yang Maha Mampu Membentengimu dari jerat-jerat syaitan, tentunya dengan iman. Sering-sering juga baca buku petunjuk (Al-Qur’an) karena disitu banyak banget bocoran tanda cinta-Nya Allah sama kamu, cara-cara biar kamu gak kejeblos tipu daya dan kenal segala taktiknya.

Kenapa?

Karena setan pernah berjanji seumur hidup, untuk bikin kamu senang untuk tak menaati Allah:

Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).

(Al-A’raaf: 17)

Pelan-pelan. Menyelinap masuk sampai di level alussss yang kamu sendiri nggak sadar.

Jangan lagi tertipu~

.

.

Beware,
Satans’ traps are everywhere..

close

Mau dapet Personalized Quranic Reflection langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 750+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

One thought on “Teperangkap, Terjerat, Hancur Pelan-Pelan

  1. Masya Allah.
    Dari awal baca bikin mau nangis, kaka😢😭
    Aku jadi tahu deh sama kelakuan syaiton yang sebenarnya. Karna aku tuh klo mau baca Al-Quran kadang aku tunda dan klo mau baca Artinya pun itu klo sempet dan klo mood😢 ditambah akutu ngantukan sampai ketiduran. Astagfirullah….
    Aku sangat-sangat jauh ternyata dari Al-Quran. Sedih sekaliii ya Allah😭
    Dan hari ini aku bersyukur kepada Allah karna memberi petunjuk-Nya melalui perantara kak siti. Jazakillah khair, kak.
    Wah.. aku jadi pengen meluk Al-Quran dan pengeeen banget mempelajari lebih dalam. Dan semoga Istiqomah. Aamiin ya Allah 💖💖💖

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

AYAT YANG MENCAKUP DUNIA DAN ISINYA

Sat Aug 28 , 2021
Dalam suatu surah di juz 27,ada satu ayat yang ngomongin tentang esensi kehidupan dunia.. Ayatnya tuh kaya ngasih tau kita “dunia ini isinya apa aja […]