Satu ayat yang bisa bikin kamu AMAZED!!
Satu ayat dari sebuah surah unik yang berjudulkan binatang. Binatangnya itu keciilll tapi manfaatnya sangat besar untuk manusia. Di dalamnya juga, ada pembahasan yang agak berbeda dari biasanya. Kalau orang-orang mikirnya di Al Quran cuma ada surga neraka, cerita-cerita nabi aja, perintah A perintah B aja, hari kiamat aja, dll tapi di disini juga ada dan tersebutkan jenis minuman-minuman premium — tapi bukan Boba ya, hehe karena Boba gak ada di Al Quran ;’D

Aku mau ngajak kamu merenungi sesuatu yang dekat dengan kita. Sebuah minuman yang:

  • Kaya gizi
  • Rasa premium
  • Minuman pertama yang masuk ke TENGGOROKAN kita saat terlahir di dunia
  • Dan gak ketinggalan “spesial” — karena merupakan salah satu jenis minuman penghuni surga yang Allah sebut itu dalam Al Quran:

[Apakah] perumpamaan [penghuni] surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air SUSU yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar [arak] yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu ….

Muhammad: 15

Eh tapiiii... sebelum masuk bahas susu, mau nanya dulu nih.. kamu tahu gak kenapa Allah cuma sebut beberapa jenis aja dari banyaknya jenis minuman yang ada di dunia ini?

Jawabannnya, apapun yang disebut dan diabadikan di Al Quran, itulah yang lebih penting untuk kita ambil pelajaran. Allah itu kan Maha Bijaksana yaa, so sebenarnya kalau ada yang gak disebut, ya bukan berarti gak penting, tapi kurang penting aja untuk ditadabburi, ;D. Misal nih, kisah Yusuf. Dari kisah yang seharusnya panjang banget (dari kecil sampai dewasa), Allah singkat itu jadi 111 ayat aja — plotnya diringkas, gak disebutin nama abang-abangnya siapa, nama perempuannya siapa, warna baju si perempuan saat godain yusuf, bahkan ibunya yusuf aja gak muncul satupun peran di cerita itu — Karena semua itu gak penting. Jadi.. Kamu bisa simpulin sendiri kan kenapa ini ngomongin susu, instead of sirup, kopi atau teh manis? πŸ˜€

Oke, balik lagi ke susu.
Kandungannya yang penuh dengan vitamin, kalsium, protein itu bermanfaat banget untuk energi keseharian manusia. Seorang bayi atau anak kecil aja butuh susu dibanding minuman lain untuk tumbuh kembangnya, right?
But, despite of all.. HERE IS THE BIG QUESTION:

Terlepas dari plant-based milk, pernah gak kamu mikir gimana susu itu bisa bersumber? Kok bisa tiba2 ada di tubuh seorang ibu yang menyusui dan juga perut hewan-hewan ternak?

Allah bilang di Surah An-Nahl ayat 66 yang JLEB BANGET!!

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya [berupa] susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.

An-Nahl: 66

IMAGINE!! Hewan-hewan ternak yang kadang kita jauhi karena kotor dan baunya, susu yang kita minum terbentuk dari dalam perut mereka, tempat yang tidak jauh jaraknya dengan kantong kotorannya, juga berdekatan dengan saluran darah di dalam perutnya. Amazingly, ALLAH tidak jadikan itu tercampur kotoran baik dari segi rasa, bau dan warna. Allah jadiin itu bersiiihhhhh dan mudah untuk diperah dan diminum.

Warna putihnya, rasanya semuanya terpisah dari darah dan kotoran walaupun mereka dalam satu tempat: tubuh hewan itu. Ketiganya mempunyai saluran yang berbeda, juga melewati proses yang berbeda. Setelah hewan itu makan, sisa pencernaan menuju usus dan kantong kotorannya, darah mengalir melalui pembuluhnya dan sari-sari makanan menuju kelenjar susu.

and again, IMAGINE!!!!!
Allah design proses yang miracle itu BUAT KESENANGAN MANUSIA.
Masya Allah…. :'(( #meleleh ini hati

Siapa coba di dunia ini yang seumur hidupnya gak pernah minum susu? Kalau ada orang yang ngaku-ngaku, “gue gak pernah minum susu!” itu BOHONG banget!

Karena ketika dia terlahir di dunia, dia di-susukan ibunya. Terlepas dari nanti pas udah besar suka susu atau enggak, yang jelas dia pernah minum susu.

Susu itu erat kaitannya dengan hewan ternak. Dan hewan ternak itu erat kaitannya dengan kita!
Loh bisa erat gimana?
Erat manfaatnya!!! Manfaatnya itu besar banget bagi manusia. Dagingnya kamu makan plus telurnya, bulunya kamu buat selimut, tulangnya kamu buat hiasan dan kerajinan, susunya kamu minum, tenaganya kamu buat bajak sawah, juga sebagai kendaraan, dll. Waah banyak banget. Pernah gak kamu hitung, ada berapa banyak ekor ayam dan daging sapi yang udah kamu makan dari kecil sampai saat ini? BANYAK BANGET! So Uncountable! Untuk daging-dagingan aja, kita gak bisa ngedustain nikmat Allah, belum nikmat lain.

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan [juga] pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian darinya kamu makan.

Al-Mu’minuun: 21

Oke, kembali lagi ke susu. Untuk siapapun yang ditakdirkan Allah mengetahui miracle process of milk ini, membaca refleksi ini, atau kalaupun ada yang udah pernah tahu dan berkesempatan review disini; semoga kita semakin sadar bahwa betapa banyak kebaikan-kebaikan Allah yang mengalir di hidup kita. Susu memang nampaknya spele but once you ponder it, it’ll make you AMAZED. Bukan hanya terhadap prosesnya tapi juga terhadap YANG MENDESAIN, which is Allah swt. Maha Suci Allah, Kuasa Allah.. dan kita mah gak pernah ada apa-apanya. ;'(

Kalau ada suatu hari dimana hatimu terasa sempit dan pahit, ingatlah susu yang pernah kamu teguk dengan rasa yang sejuk atau setidaknya ingatlah air segar yang sering mengobati dahaga harianmu, yang Allah tak menjadikannya asin. Jadikan itu alasan bersyukurmu. Dan segala makanan dan minuman lain yang telah bisa masuk ke perut kita dengan rasa yang luar biasa nikmat – PERLU KITA SYUKURI, lagi dan lagi.

Kapanpun kita melihat susu, membuat susu ataupun meminum susu, ingatlah selalu proses sulitnya yang tertuang dalam ayat 66 surah An-Nahl ini, dan ucapkan alhamdulillah dengan sebenar-benarnya alhamdulillah. Semoga kita menjadi orang yang yang pandai dan terus menerus bersyukur πŸ™‚

close

Mau dapet Quranic Reflection langsung dari Penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 350+ Milenial seluruh Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

Next Post

Ternyata, Ada Yang Diam-Diam Doain Kamu! #edisi-romantis

Sun Mar 22 , 2020
Di zaman yang serba mikirin diri sendiri aja, terkadang hadir rasa rindu untuk dipedulikan dan diberikan perhatian dari orang lain. Seminimal-minimalnya ingin gitu didoain yang […]