Ada yang sayaaang banget sama kamu! Ada yang serius care sama kamu! Ada yang antusias banget ngajak kamu ke kebaikan! Ada yang mikirinnn kamu terus! Ada yang beraaaaaatt banget perasaannya kalo ngeliat kamu ga nurut sama Allah! Orang ini bener-bener gak ada duanya deh. Totalitas banget dalam mencintai kamu! Lebih dari ibu bapak kamu!

Siapa sih? Siapa sih orangnya?

Dialah yang sedang bersedih,
namun Allah hibur dalam ayat ini..

لَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَّفْسَكَ أَلَّا يَكُونُوا مُؤْمِنِينَ 


Boleh jadi kamu (Muhammad) akan membinasakan dirimu (dengan kesedihan) karena mereka (penduduk Mekkah) tidak beriman.

(QS. 26: 3)

Duh ayat ini sedih banget..
Kita jadi ngeliat bahwa Rasulullah ﷺ bisa sesedih ini cuma karena cintanya bertepuk sebelah tangan ke kita. 💔

Kamu tau nggak? Kata بَٰخِعٌ dalam bahasa Arab artinya membinasakan/mencelakakan/membunuh diri karena bersedih teramat dalam. Jadi dengan kata lain, seseorang yang bakhi‘ tuh dah sampe pada titik di mana rasa itu bener-bener nguasain dirinya. Style yang mirip juga ada di surah Al-Kahf: 6. (Apakah kamu akan membunuh dirimu karena bersedih?). Implisitnya, orang ini diminta buat engga nyesel.

Bakhi’ diambil dari kata bakh’ (بَخعٌ) yang artinya mencapai bikha (pembuluh nadi leher) saat menyembelih hewan. Maksudnya?

Gini, kamu pernah liat hewan kurban disembelih ngga? Iya. Oke pas tukang jagalnya menganyun pisau tepat di urat nadi leher mereka, kebayang gak gimana reaksi hewan itu? Meregang kesakitan 😖 YUP! Sakit yang luar biasa! Nah di ayat ini, Allah milih kata baakhi’ buat ngegambarin kesedihan Rasulullah ﷺ yang begituuuuu mendalam..karena kepikiran umatnya yang belum juga beriman. Bakhii juga biasa dipakai untuk ungkapan seseorang yang ngerasa tertekan atas masalah yang sedang dihadapi.

Jadi dari kata بَٰخِعٌ  ini, Allah tuh kayak mau ingetin Nabi ﷺ:

Apakah kamu akan membunuh dirimu sendiri saking sedihnya sama kelakuan umatmu?”

 “Apakah kamu segini khawatirnya sampe-sampe kamu tertekan dan mencelakakan diri kamu sendiri?”

Karena apa?

أَلَّا يَكُونُوا۟ مُؤْمِنِينَ
“karena mereka engga juga beriman-beriman?”

Rasulullah ﷺ itu kan tulus banget yaa sama orang-orang. Hatinya tuh luaaaaaass banget. 🤧 Karena beliau baiknya tu beneran, pas tau kalo ‘yang berpaling dari petunjuk’ bakal binasa, itu ky ngehancurin hati beliau bangeeeet. Piluu rasanya. 🥀 Beraaaaaatt gitu beban kesedihannya.. 😭

#Bayangin! Kalo kita yang nakal, mungkin kita gak sedihin diri kita. Tapi Rasul? Aduu duu duuu nyeeessss banget hatinya ngeliat kita yang belok-belok 😭  Beliau care abis! Mikirin dan nangisin keselamatan diri kita –yang kita aja suka ga peduli keselamatan akhirat diri kita sendiri 😖

Ohya di sisi lain, dari ayat ini kita diingetin lagi kalo hidayah itu 100% milik Allah. Mau rasul kek, mau nabi kek, mau syuhada kek.. mau kitanya nangis darah sampe bunuh diri juga, kalo orang-orang yang kita sayang udah milih jalan hidup jadi musyrik, yaa bakal kaya gitu terus. Allah bakal iket keputusan yang mereka udah pilih dan kencengin duluan. 💔

Dan sebagian besar manusia tidak akan beriman, walaupun kamu sangat menginginkannya.

(QS. 12: 103)

Bahkan ya.. kalo kita liat di ayat sebelumnya, Allah aja bilang kalo Al-Qur’an sendiri tuh udah ٱلْكِتَٰبِ ٱلْمُبِينِ (Ayat-ayat yang jelasssss banget!) Jadi sebenernya gak ada yang salah sama bukunya. Konten pengetahuan yang tembus zaman, banyaknya miracle dan bahasa Quran yang aestetik aja sebenernya dah cukup meyakinkan buat mereka yang “mau” dapet hidayah. Ditambah lagi, Allah nyiptain manusia tuh gak kek robot.. Tapi lengkap dengan perasaan dan akal. Wah udah dah… harusnya sih semuanya udah bisa buat nerima hidayah..💔

Jadi.. buat kita yang suka ga peduli sama keselamatan akhirat kita sendiri, coba deh tanya.. dosa apa yang bikin kita mati rasa, sampe-sampe gak bisa lagi ngerasain getaran kasih sayang Rasul?
Sosok yang paling segitunya mikirin keselamatan kita
dan paling cinta sama kita dari SELURUH ORANG di dunia ini?

close

Mau dapet Personalized Quranic Reflection langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 1000+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

2 thoughts on “Ada Yang Mikirin Kamu Terus!

  1. Ya Alloh, di saat Rosul mengkhawatirkan kita ummatnya, kita di zaman ini malah sibuk mencari perhatian dan mengidolakan yang jangankan mikirin kita, ngenalin aja belum tentu!
    Malahan, kita sibuk kejar² update idola dari luar yg jelas² aqidahnya beda sama kita.
    Malunya hati ini kepada Rosulullah…TT_TT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kita ditantang ngitung, tapi GA BISA!!!!

Wed Jan 26 , 2022
Karena tontonannya sosial media, kadang rasa syukur kita pelan-pelan terkikis. Melihat deretan potret demi potret mereka yang berbahagia, membaca daftar panjaaaang sebuah pencapaian yang terpangpang, […]