#Cuma buat generasi yang suka instan!

Pernah ngga sih kamu kepikiran sama Nabi dan umat-umat terdahulu yang umurnya panjaaaaaaaang banget kek sampe ratusan tahun gitu bahkan 1000? Kek Nabi Adam dan Nabi Nuh yang 900 tahunan, Nabi Idris 800 tahunan, Nabi Hud 400 tahunan.. Kaumnya pun kurang lebih sama juga umurnya..

Kalo dipikir-pikir, jika kaum itu baik dan ngisi hidupnya dengan hal yang baik-baik aja kek ibadah, berarti enak banget dong yaaa… pahalanya jadi banyak? karena umur panjang = pahala ibadah juga panjang. Kaum yang baik tentunya bakal maksimalin kesempatan hidupnya yang terbaik.. Terus kita…. 😢 Gimana dong dengan kitaaaaaa? Umatnya Nabi Muhammad ﷺ yang umurnya pendek-pendek? Yang cuma kisaran 60-70an.. ? 🤧 Berarti surga kaum dulu lebih tinggi dong ??? Berarti… kita gakkan pernah bisa meyaingi pahala umat-umat terdahulu dong? 🤧

Naahhh.. inilah yang mau kita bahas di sini! #Melting banget!!! Betapa Allah nunjukkin kasih sayangnya ke kita, umatnya Nabi Muhammad ﷺ Rahmatan lil’alamiin.

Walaupun umur kita bentar-bentaran gini, Allah bahkan sampe rela turunin tuh satu malam yang WOOOWW double double double KILL!!!! Sebuah malam yang kalo kita ibadah dengan sungguh-sungguh / tekun / ikhlas, pahala kita bisa menyamai umat-umat terdahulu. Bahkan bisa membumbung lebih tinggi!!!! Bayangin!!! In just a night atau beberapa jam aja, Allah bisa lipat gandain sampe konversinya tuh kek ibadah seumur hidup (Umur kita 60-70 tahun –> 1000 bulan = 83 tahun 3 bulan). The night that is literally better than OUR WHOLE LIFETIME! It is Lailatul Qadr. And the chance only exist once a year! Cuma di Ramadhan, bulan anniversary-nya Qur’an!

Bahkan, di surah Ad-Dukhon Allah sampe sebut:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ

Disitu tertulis kalo Allah telah menurunkan Al-Quran, tapi diksinya bukan lagi “lailatul Qadr”.. tapi “Lailatun mubaarak”. Yang artinya “Malam Keberkahan”. Nama lainnya gitu. Mubaarakan means something has the ability to multiply and grow. 🌱🌿🌾 Maa syaa Allah. It’s the nights where things got multiplied and grown!!! Ibarat maen games, sekali kita menang, bonusnya tumpah tumpah.. Bertaburan pointttsssss…. Speed uuuuppppp. Langsung bisa loncat level!!!! 🙈

Ya Allah, 🤧 lihat deh betapa sayangnya Allah sama kita. Betapa Allah ngertiin kita yang lagi ngebatin sama kaum yang umurnya panjang. Gimana engga? Lailatul Qadr is such a big help! Kerja bentaran, cuan di rekening ngalir sampe masa pensiun! Ibadah semalaman, pahala ngalir sampe seumur hidup. Enteng amalan, besar hitungan. Kebaikan semalam dibalas dengan bertumpuk-tumpuk kebaikan. Tak terhingga. Tak terhitung. Ga main-main! Apalah sebutan yang lebih tepat kalo bukan “sayang”? Padahal kan sebenernya Allah ga butuh ibadah-ibadah kita. Allah kek gini cuma pengen beratin timbangan kebaikan kita aja, biar nanti di akhirat, kita jadi orang yang beruntung selamanya #YaRabb…. 😭

Dan kamu tau ngga, Saking spesialnya, pembahasan si Lailatul Qadr ini sampe-sampe ada di satu ruang khusus lhoh di juz 30. Yaitu surah Al Qadr. Liat deh.. bahkan Allah sampe gak kasih sub topik lain di surah ini selain cuma buat ngomongin Malam Kemuliaan doang!!!!

Ga heran sih kenapa Rasul motivasi banget umatnya sampe bilang: “Allah memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa terhalang dari kebaikannya, sungguh ia orang yang terhalang (dari seluruh kebaikan).” 😰 (HR. Ahmad)

Dengan kata lain (kalo pake bahasa kita), “Eluu yang semalem aja ga bisa perjuangin ya Allah.. gimana hari-hari biasa atau malam-malam yang receh?? Bener-bener KELEWATAN ni orang! Ga paham lagii deh!”

Ga heran juga sih kenapa para sahabat, ulama, sampe setotalitas itu ngejar-ngejar. Apalagi bagi kita yaaa generasi yang suka instan-instan. Ini sih udah pas banget! Cocok sangat! Jalur Cepet. Jalur Instan. Jalur yang gapake lama! Allah paham banget kita. Ini tuh Ibadah yang SUPER SMART!. Efisien tapi efektif. Ibadah dikit, balasannya “Khoirun” (better better better) dari ibadah kita seumur hidup. Aaaa bahkan di ayat 3 surah ini, Allah ga bilang bahwa ibadah kita akan 2x lebih baik, 10x lebih baik, 100x lebih baik, 1000x lebih baik, Allah sengaja jadiiin ini misterius, yang artinya bisa aja 1juta kali lebih baik dari 1000 bulan. Intinya kata “Khoirun” itu gaada limitnya.

Terlebih lagi, semisal ada seseorang yang meninggal di umur 23 tahun aja, surganya bisa melampaui jauh lebih tinggi daripada yang meninggal di umur 22 tahun. Why? Karena yang 23 tahun punya 1 kelebihan ramadhan. Karena 1 ramadhan aja bedanya signifikan, karena kehadiran si Lailatul Qadr itu…

FUN FACTS AL QADR AYAT 1

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Sesungguhnya Kami telah menurukannya pada malam Lailatul Qadr..

Hmmm ada yang aneh ngga sih? 👀
“Sesungguhnya Kami telah menurukan NYA “

Looh loh loh.. baru kalimat pertama, tapi udah pakai kata ganti “nya”. 😳 Kan belom dikenalin apa-apa topiknya 😓… Biasanya kan kalau kita baca cerita atau buku apa, kalimat pertama dikenalin dulu. Misal, “Kami menurunkan ember ke dalam sumur. Kami menurunkan NYA dengan tali.” nah kalau kalimat kek gini mungkin kita lebih ngerti. Karena si pendengar / pembaca udah ngerti kata “nya” di kalimat kedua mengacu ke ember. Udah dikenalin di awal.

Nah ini… “Sesungguhnya Kami telah menurukannya pada malam Lailatul Qadr..” Baru mulai udah “NYA’. Wah unik sekaliii.. Seakan-akan, ‘yang ngomong’ dan ‘yang ngeder’ udah sama-sama tau itu mengacu kemana. Seolah-olah pas ayat ini dibacakan, audience udah pada tau dan ngerti apa yang lagi diomongin. Seolah-olah… ada sesuatu yang viral saat itu. Udah jadi fenomena dan ADA di pikiran orang-orang. ialah Al-Qur’an.

Yaa bayangin aja, ibaratnya kalo orang Arab lagi pada ngegossip, “eh eh… gaes gaes… lo denger ‘itu ngga?” –> Nah semuanya yang diajak omong itu udah pada ngerti yang dimaksud apa. Udah pada tau kata “itu” refer ke Quran bahkan di kalangan musuh islam sekalipun, kaum musyrikin. Keren!!!!

Kerennya Al-Quran tuh begini… Ga perlu disebut jelas-jelas, orang udah pada tau kalau itu Q-U-R-A-N. Beriman atau ga beriman. Cause it has been captured inside “Inna anzalnaahu”! Maa syaa Allah!

So, buat kamu yang ga punya waktu lama buat tinggal di dunia ini, come on! The Racing has begun. Muslim seluruh dunia udah dan lagi berkompetisi di level terbaiknya buat jadi yang bertakwa lahir dan batin. Kalo di Ramadhan yang lalu kita pernah melalaikan, mengabaikan, membiarkan gitu aja, jangan lagi di tahun ini!!! Niatin kita sehat dan maksimal di 10 hari terakhir. Jaga terus semangatnya sampai akhir.. Jangan sampe ketinggalan lagi, kelepasan lagi, ketiduran lagi…. Karena bisa jadi… ini benar-benar jadi Ramadhan terakhir kita berdua… yang kita gakkan pernah diizinkan untuk ketemu lagi dengan Ramadhan untuk selama-lamanya..🥀

Ramadhan Mubaraak.. 🌙

Mau dapet Quranic Letter secara personal langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 1500+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ayat Ini Muncul Tiap Kali Cerita Azab!

Sat May 20 , 2023
Duh duh duuuuh.. Baca judulnya aja udah serem. 🙈 Buat kamu yang sekarang lagi kebawa tegang sekaligus penasaran, relax! Yang kita bakal omongin kali ini […]