Siapa sih yang ga suka gemeter kalo denger penjelasan dahsyatnya hari kiamat? 😖 Hari di mana semua orang bakal dibangkitin dari kuburnya buat diitung amal perbuatannya satu per satu.

Well ngomong-ngomongin itungan, ada lhoh ayat di quran, yang ngebocorin betapa manusia nanti bakal ternganga-nganga!!! 😲

Betapa manusia akan terkaget-kaget pas semua amalnya ditimbang!!!😱

Karena semua yang ia kira perbuatan biasa, ternyata bikin berat di timbangan…dan semua yang dia anggap sepele ternyata beratnya seserius itu di daun mizan. 😨 #HOROR

فَأَمَّا مَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ ‎
“Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan) nya..”
فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَّاضِيَةٍ ‎
“Maka dia dalam kehidupan yang memuaskan”

(Q.S. 101: 6-7)

Naaah ayatnya udah familiar banget kan? Iya ayat yang keliatannya receh karena pendek banget, udah dihafal dan sering dibaca di shalat, bisa jadi kita belum begitu ngefeel sama makna dalamnya.

Yap! Inilah surah Al Qariah

Surah yang ngebahas hari akhir dan realita timbangan-timbangan yang bikin manusia SHOCKED 😳 Timbangan Baik maupun buruk. Buat yang buruk, waah tentunya manusia bakal sediihh sesedih sedihnya, karena yang selama ini mereka kejar di depan mata, mereka utamakan karena dianggap paling berbobot, pas ditimbang di mizan ternyata gak ada apa-apanya. RUGIIII😱

Tapi di sini, kita bahas yang terkaget-kaget sama kebaikan dulu yaa… ✍🏻
Oke sekarang coba kita liat lagi ayat 6 nya : فَأَمَّا مَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ → Wah menarik nih, ada kata مَوَازِينُ di sini. Salah satu arti dari kata مَوَازِينُ ialah “timbangan” (karena mawaazin tuh bentuk jamak dari mizaan). Nah arti lainnya dari مَوَازِينُ, bisa juga bentuk jamaknya dari mauzun.

Jadi intinya, kata مَوَازِينُ bisa berarti 2; mizan (timbangan) dan mauzun. Kalo kayak gini, seakan ayat 6 Al-Qari’ah punya dua meaning:

  1. MIZAN → Sesuatu yang timbangannya menjadi berat.
    (Maksudnya pas tu amal kebaikan ditimbang, yaaa emang BERAT. Literally karena emang kebaikan orang itu banyak)
  2. MAUZUN → Sesuatu yang ditimbang, eeh ternyata beraattt.
    (Maksudnya seseorang tu gak nyangka, gak menduga-duga ternyata amal di yang A, B, C bikin berat di yaumul akhir) 🤧🤧

Ya Allah, nomor dua ini DALEM banget ga sih?
Selama di dunia, kita mungkin sering ngeremehin sesuatu. Misal ngomong Subhanallah walhamdulullah. Enteng gak ngomong gitu doang?
Entengggg!!!!!

Tapi di timbangan?

WOW Its super super heavy!!
It’s massive words!

Atau misal nih misal, ada orang yang nanya ke kita, “eh apa kabar lu??” Terus kita jawab, “yaaa gitu deh alhamdulillah” Nah kita cuma ngomong gitu doang ngasal aja. Gak kepikiran itu kata-kata yang berat. Tapi pas di akhirat, kalimat thayyibah kek subhanallah, ALHAMDULILLAH, wa laa ilaa haa ilallah, allahu akbar, terhitung berat di timbangan. Tapi manusia sering spelein itu. 🤧

Jadi dari sini kita belajar bahwa kata-kata yang kita sering anggap spele, bisa jadi bagi Allah tuh besar banget. Dan perbuatan-perbuatan yang masyarakat anggap ga ada nilainya, ternyata bisa bawa seseorang ke syurga. Ternyata berat di daun timbangan.

Coba deh kita intropeksi bareng-bareng, sejauh ini, dari perkataan aja deh –Seenteng menggerakan lisan– Udah berapa banyak perkataan baik yang kita sering remehin?

Dan berapa banyak juga perkataan-perkataan buruk yang telah terlontar sehingga membuat pikiran dan hati seseorang sesak, dan sedihnya…kita ngaggep semua itu “biasa”?
“biasa” atau malah nyalahi dia, “yaaaa dianya aja yang baper…” 😒

Atau tentang amal-amal yang sering kita entengin karena dianggap gak wow, gak bikin silau orang, ga signifikan karena orang gak pada tepuk tanganin, notice, atau apresiasi..

kamu sendiri inget kan, kisah seorang tunasusila? Yang mana dia ngasih minum anjing yang kehausan?

Nah iya, kalo dipikir-pikir, dia tuh sebenernya engga tau… engga kepikiran kalo amal itu bobotnya berat. Kalo kita mungkin mikirnya, “Yelaah anjing doang, receh. TAHAJUD kali yang lebih utama. SEDEKAH kali yang lebih penting” → Iya mungkin kita kek gitu. Nah tapi dia tuh CUMA BERUSAHA TULUS aja ngelakuin itu, berbuat baik ke hewan, ke makhluk-Nya Allah, sampe pada akhirnya Allah apresiasi. 😭 dan masuk surga-Nya. masyaAllah..😭

Jadi dari satu ayat Al-Qari’ah ini aja, kita bisa ambil beberapa hikmah, di antaranya: gak usah mikirin ini amalan berat apa engga, lakuin aja! Dzikiran berat apa engga, lakuin aja! Karena bobot amal itu besar dan kecilnya ada di tangan Allah. Amal yang wow banget, bisa jadi enteng di daun mizan karena niat yang SALAH. Motif yang gak bener. Manusia ranahnya cuma di “tulus aja berbuat.” Gak perlu di-engeh-in orang. Gapapa kalaupun seluruh dunia gatau, gak mengapresiasi apa yang kita lakuin. Karena Allah lah yang akan kasih balesan semuanya dengan seadil-adilnya di mizan.

Ya Rabb.. Semoga Engkau jadikan kami
Orang yang senantiasa gemar melakukan kebaikan..
dan tulus ikhlas dalam melakukan semuanya..

Amiinn

Mau dapet Quranic Letter secara personal langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 1500+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

2 thoughts on “Orang yang di Akhirat Terkaget-Kaget!

  1. MaasyaAllah :”) ngena banget kak

    Aku yang suka sepelein hal2 kek gini, jadi termotivasi buat berusaha memaksimalkan kesempatan yang Allah dah kasi ini :”)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ibu Yang Mengerikan!!

Wed May 11 , 2022
Kalo denger kata “ibu”, biasanya orang langsung relate ke rasa cinta.. rasa care dari seorang perempuan yang penuh kasih sayang. Sesosok perempuan yang berperasaan, senang […]