Dari namanya ajaaa sudah menarik!
Kamu pernah dengar istilah Qur’an Journalling?

What in the world is Quran Journalling?

Qur’an Journalling adalah aktivitas men-jurnal atau menulis refleksi tentang apa yang kita pikirkan dan rasakan mengenai suatu ayat yang kita tadabburi di Al Qur’an. Tujuannya apa? Tentu agar kita lebih memahami Quran, lebih memahami bahasa Arab, mencintai Islam dan gak gampang putus asa ketika diuji sama Allah karena semua jawaban dan contohnya udah paket komplit ada di Al Qur’an. 🙂

Selain itu, bisa juga membantu kita connect ke Al Qur’an ketika kita membacanya di dalam shalat.
Kamu pernah dengar cerita para Sahabat Rasul yang menangis terisak bahkan pingsan saat mendengar atau membaca Al Qur’an?

Nah, kenapa bisa kaya gitu sedangkan kita pas dibacain ayat tentang Neraka aja masih bisa ketawa-ketawa? Karena mereka bukan hanya paham makna, tapi mereka juga bisa merasakan kalau Al Qur’an sedang berbicara sama mereka.

Gimana Caranya?

Jadi sebeneranya kamu bisa pilih satu di antara dua cara ini. Pertama, kita bisa buka Al Quran secara acak aja atau kedua, kita bisa bikin rencana belajarnya dulu, atau biasa kita kenal Lesson Plan. Kalau pake Lesson Plan, berarti kita buat rencana dalam sebulan, tiap pekannya mau pelajarin surah apa aja, ayat berapa aja dll. It doesn’t have to be the whole surah. Satu pekan satu ayat aja gak apa-apa. Belajarnya bisa dari beberapa referensi:

  • Apps (Recommended: Al Quran (Tafsir & By Word))
  • Webs
  • Books
  • Youtube/Podcast/Lectures dari Real teachers (Ust. Nouman, Ust. Firanda, dsb)
  • Connect deh dengan apa yang kamu alami/rasakan saat itu dan gimana ayat itu berhubungan dengan dunia sekitarmu.

Kalau udah tadabbur, dan melting (kalau gak melting, mungkin perlu dicek lagi kelembutan hatinya), lalu kita tulisin deh di Qur’an journal informasi ini, sekalian dengan ungkapan betapa kita terkesan dengan ayat ini, betapa kita makin cinta sama Allah saat membaca ayat ini❤ Jadi kapanpun kamu buka lagi Jurnal mu, akan inget poin-poinnya.

So Simple kan?
Pelajari, Refleksi, Tulis. Nah agar menarik, kamu bisa hias-hias.. Ini adalah beberapa contoh Qur’an Journal temen-temen:

Kalau masih kurang inspirasi, kamu bisa kok lihat contoh lainnya di Instagram, Pinterest and Google…

Pokoknya menarik banget deh! Dan kalau kamu bukan tipe yang suka dekor, no problem at all! Semua bisa disesuaikan dengan selera. Yang penting adalah aktivitas dan konsisten dalam belajarnya.. and you dont have to jot down every single words. Yang sekiranya penting aja, 3 poin:

  • Gimana ayat ini berhubungan dengan diriku
  • Gimana aku bisa ngambil manfaat dari ayat ini
  • Gimana aku bisa jadi lebih baik setelah pelajarin ayat ini

Gampang kan? Ohya, kalau kamu mau Quran Journalling Planner gratis, bisa klik link nya disini: Creactivitybygwan.

Dan kalau mau penjelasan lebih dalam tentang Quran Journalling dan gimana langkah-langkahnya, cek video berikut.

Ok, ditunggu postingan Quran Journalmu!

close

Mau dapet Personalized Quranic Reflection langsung dari penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 900+ Milenial Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

One thought on “QUR’AN JOURNALLING

Comments are closed.

Next Post

PESONA SANG INSAN

Wed Oct 9 , 2019
Harum semerbakPesona tersebakRupa tak nampakJutaan sejarah bersajak Hatinya sejukSepercik api pun tak merajukSiapapun kan tertegunAkan perangainya yang santun Kala gulita menjelmaIa datang memukau sukmaLaksana air […]