Kenapa Allah enggak bikin semua orang di bumi jadi beriman? Katanya Allah itu baik! Kok nggak jadiin kita semua soleh dan bisa masuk surga-Nya aja?

Menarik!
Pertanyaan ini cukup populer sebenarnya di kalangan anak-anak zaman sekarang. Entah karena di sekolah gak diajarin, atau emang bergaulnya sama yang ‘rada-rada’. Ya walaupun begitu gak papa. Kita akan ngebahas itu di sini bareng.

Hampir 1.5 abad lalu, sebelum pikiran bahkan terbesit di pikirannya manusia, Allah udah terlebih dahulu ‘selipin’ jawabannya di salah satu surah dalam Al-Quran. Alhamdulillah, Allah guides us to know the answer. Hope it can help you or whoever in a deep doubt.

..وَلَوْشِئْنَالَءَاتَيْنَاكُلَّنَفْسٍهُدَىٰهَا
Dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk..

32: 13

Dengan kata lain, “Yaa bisa aja Kami kasih petunjuk ke manusia satu-satu. Bisa aja Kami pastiin dan paksain semua petunjuk itu bener-bener masuk di diri mereka. But that’s not the point!

Kenapa bisa enggak the point?

Karena kamu merupakan ciptaan Allah yang menakjubkan! Allah telah membuat kamu sebegitu T-E-R-H-O-R-M-A-T nya. Bikin kamu berkedudukan tinggi sampai-sampai punya kebebasan untuk memilih dan memilah. Kamu itu GAK dibuat kaya matahari, awan, atau gunung… Yang kerjaannya ‘mau gak mau’ nurut aja sama Allah. Gerak ya gerak. Panas ya panas. Muncratin lava ya muncratin. Gak juga seperti hewan, malaikat, dll yang selalu bertasbih. Kerjaannya nurut aja dan gak pernah durhaka (66:6). Allah engga bikin kamu terikat … Ya Allah, keren banget…. Sungguh kamu itu benar-benar ciptaan yang bikin siapapun (makhluk Allah) ngiri.

 وَلَٰكِنْحَقَّٱلْقَوْلُمِنِّى ..
.. akan tetapi telah tetaplah perkataan dari pada-Ku ..

32:13

Jadi kalau ditanya kenapa semuanya gak dibikin soleh aja? Ya karena itu bukan apa yang Allah tetapkan. Dengan kebebasan ini, Allah tuh pengen liat, mana yang kamu pilih sesuai kemauanmu sendiri. Inilah yang membedakan kita dengan ciptaan lain.

Dari segala tanda-tanda kebenaran yang bertaburan di dunia, Allah pengen banget lihat kamu; mana yang akhirnya menjadi pilihanmu sendiri. Tapi Kerennya dan Maha Baiknya Allah tuh.. kita gak dibiarin ‘clueless‘ (karena seringnya kita berpemikiran dangkal) biar nantinya SALAH PILIH. Allah ngasih clue mana yang sebaiknya condong kita pilih, mana yang menguntungkan kita — gak cuma lewat Al Quran tapi juga lewat segala kejadian di hidup kita. BAYANGIN! Selama ini kita tuh udah dikode-kodein petunjuk sama Allah. Ya Allah #melting ;(

Terus gimana buat mereka yang udah dikodein tapi tetep ‘batu’ milihnya ‘belok’?
Yaaa bebas sih. Hidup emang pilihan, tapi setiap pilihan punya konsekuensi dan itu ditanggung masing-masing. Di lanjutan ayatnya, Allah bilang..

 لَأَمْلَأَنَّجَهَنَّمَمِنَٱلْجِنَّةِوَٱلنَّاسِأَجْمَعِينَ
Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama

32:13

Ibarat guru yang udah kasih kamu kisi-kisi di kertas, di papan tulis, di papan pengumuman, di gerbang sekolah, di seluruh bagian sekolah biar kapanpun kamu lewat, engeh.. eh malah gak pernah dimanfaatin ‘bocorannya’. Malah tetep bersikeras sama pilihan sendiri. Dah lah.. beginilah jadinya realitanya.

Btw, kamu engeh nggak? Untuk Jahannam ini, Allah pakai kata ‘Aku’. Tandanya, Jahannam ini full under the control of Allah. Gak ada keterlibatan makhluk-makhluk lain.  Kalau di surah lain, misalnya Al-Qadr, “Sesungguhnya Kami menurunkan Al Quran, dll” Pakai ‘Kami’ karena menurunkan ayat-ayat Quran melibatkan malaikat dan Rasul. Gak Allah sendiri.

Ohya terus juga, kalau kita zoom in potongan ayat ini, Siapa yang lebih dulu disebut?

 ٱلْجِنَّةِ  (Jin).

Kenapa? Karena kebanyakan manusia bukannya ngikutin gaib yang bener (Allah), tapi malah gaib yang gak bener. Instead of the right unseen (Allah), they follow the wrong unseen (shaytan)

Alhamdulillah.. Ayat ini bikin kita belajar runtutan proses seseorang dari awalnya ‘milih’ sampai dengan ‘akibatnya’. Bebas memilih –> nentuin pilihan –> konsekuensi. Bebas aja milih tapi make sure kamu sanggup sama konsekuensi pilihan kamu.

Singkat kata, nasihat sejuk yang bisa kita ambil di sini bahwa di antara semua manusia itu ada yang golongan orang yang keren. Siapa?

Yaitu mereka yang udah Allah kasih pilihan buat gak taat, tapi mereka malah ngejar-ngejar Allah buat taat. Uwuu itu sih, Allah jamin beda ganjaran. 😉

Semoga itu kamu yaa…

close

Mau dapet Quranic Reflection langsung dari Penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 350+ Milenial seluruh Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

One thought on “Kenapa Manusia Gak Dibikin Auto-Beriman?

  1. aku bacanya sampai berkaca kaca asli deh,dan memikirkan banyak kak temen aku yang salah satunya ada yg seperti itu sedih banget,dibilangin susah, tapi ga capek aku untuk ngebilanginnya🥺

Comments are closed.

Next Post

Shocking Facts Within This Ayaah!

Sat Nov 7 , 2020
Surah ini sering kamu baca pas kecil kok! Sebuah surah yang menemani masa kecil kita. Bahkan dulu itu kita gak cuma baca aja, tapi berusaha […]