Surah ini sering kamu baca pas kecil kok!

Sebuah surah yang menemani masa kecil kita. Bahkan dulu itu kita gak cuma baca aja, tapi berusaha ngafalin juga. Walaupun udah seakrab itu sama surahnya, pasti di antara kita tetep aja ada yang enggak engeh kalau ternyata ada fakta ilmiah tentang fungsi otak (yang sering disalahgunakan manusia) di balik surah ini. WAW.. Surah apa ituuuuuu?

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

96:1

YEP! Al-Alaq. Surah yang juga merupakan wahyu pertama! Tapi…. fungsi otak yang mau kita kupas di sini bukan terletak di ayat 1 nya. So.. langsung aja kita pindahin pandangan mata kita ke beberapa ayat akhir..

 نَاصِيَةٍ كَٰذِبَةٍ خَاطِئَةٍ

96:16

Well.. Kalau dilihat dari runtutan ayat-ayat sebelumnya, ini ngomongin balasan mereka yang mendustakan dan berpaling. Yaa jangan ge-er juga kalau itu bukan buat kita. Bisa jadi ciri-ciri itu nempel pada diri kita. Naudzubillahi min dzaalik.

Ok jadi gini.. Di sekolah kan kita pernah belajar ya kalau otak itu punya beberapa bagian. Ada bagian depan, belakang, samping kanan, kiri, dll. Tiap-tiap bagiannya punya fungsinya masing-masing. Nah tahu nggak!! Menurut penelitian neuroscientist di Inggris pada tahun 2001, otak bagian depan (sebutan susahnya: Prefrontal Cortex), yang tempatnya di bawah ubun-ubun kita, ternyata itu adalah fungsi ‘berbohong’ otak. Perhatiin deh gambar berikut:

Jadi bagian otak yang berwarna ungu itu adalah kecerdasan dalam memanipulasi atau bagian otak yang bisa bikin seseorang berbohong. Jadi ketika sang ilmuwan saraf itu melakukan eksperimen ke orang-orang dan otaknya di scan pake brain scanner, saat mereka berbohong, bagian otak itulah yang aktif dan lebih banyak darah mengalir di bagian itu.

Nah yang miris.. Kita sebagai muslim enggak tahu ;'( enggak engeh sama sekali kalau ternyata hal ini Allah sudah singgung lebih dahulu di Al Quran 1400 tahun secara implisit dalam surah Al Alaq ayat 16.

كَلَّا لَئِن لَّمْ يَنتَهِ لَنَسْفَعًۢا بِٱلنَّاصِيَةِ
Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya..

نَاصِيَةٍ كَٰذِبَةٍ خَاطِئَةٍ
(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka..

96: 15-16

Jawab deh. jawab. Ubun-ubun itu tempatnya dimana, gaes?
Di sini. Di atas kepala, persis di-atas-bagian-depan-otak, kaya gambar. INI JLEB PARAH SIH! 😭

Mahasempurna Allah ketika Dia berfirman, “Aku akan tarik ubun-ubun orang yang mendustakan.” Karena emang fungsi ini yang disalahgunain manusia. Jadi ibaratnya, mereka yang udah tau Quran itu benar, tapi masih ajaa mengingkari dan menyangkalnya, mereka yang udah tau Islam itu benar, tapi masih aja menutup-nutupinya, nah Allah akan tarik ubun-ubun orang ini — bagian dimana seseorang itu bisa berbohong.

Allah akan hukum bagian ini, dengan kata lain versi kita, “Kenapa kamu bisa mengingkari apa yang kamu udah tahu? Kenapa bagian ini bisa kamu pake untuk menutupi diri sendiri dari kebenaran?”
Ya Rabb…. 😭

Semoga ayat ini bisa selalu menjadi POWERFUL REMINDER kapanpun kita mengulangnya, di dalam ataupun di luar salat.. Semoga fakta ini dapat menekan rasa tinggi diri dari menerima kebenaran-kebenaran Islam dan menepis segala ke-sok-pinteran kita yang sejatinya malah menutup diri dari cahaya Allah. Semoga kita termasuk orang yang mau memperbaiki diri terus dan terus, mencari bocoran-bocoran masa depan juga di dalam Al Quran dan juga pada hadits-hadits Rasulullah SAW yang berlabel shahih maupun hasan..

Biar kenapa?
Biar kita gak jadi “orang yang telat tahu sesuatu dan jadinya menyesal.” Amiin amiin ya rabbal ‘alamiin.

So.. kalau udah kaya gini, ayat Qur’an mana lagi yang mau kamu tepis?

close

Mau dapet Quranic Reflection langsung dari Penulis ke Emailmu?

Yuk Gabung! 😎

Udah ada 350+ Milenial seluruh Indonesia + Malaysia nih yang gabung! Masa iya kamu rela gak ikutan!

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

Next Post

Nama Allah Yang Bikin Kamu #Melting!

Wed Nov 18 , 2020
Surah yang hanya berisi 4 ayat.Sering dibaca tiap hari, terutama sebelum tidur.Surah favorit anak muda karena bisa ‘ngebut’ bacanya pas lagi gak mood buat salat. […]