Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.

Al-Mulk: 15

Siapa sih yang gak suka travelling? Aktivitas seru yang digemari hampir semua kalangan dan usia. Gak hanya untuk refreshing/liburan aja, tapi juga menambah pengalaman dan wawasan baru.

Kalau kamu seorang muslim traveller atau mungkin seseorang yang nantinya akan melakukan perjalanan, artikel ini akan bermanfaat banget untuk kamu baca.. karena disini aku akan share tips beberapa hal penting yang perlu dibawa dalam melakukan perjalanan ‘as a muslim backpacker‘. Keep scrolling down!

1. PLASTIC BOTTLE WITH TWO CAPS/ FLAT WATER BOTTLE

Pasti kamu mikir barang ini buat tempat minum kan? Uhmm that’s not what I’m gonna say! Setiap Muslim itu selalu terikat dengan sholat 5 waktunya dan sebelum sholat itu, kita ber… ? berwudhu! Yaaa.. memang bisa sih tayammum, tapi kalau kita bisa prepare air, kenapa harus tayammum?

Jadi kalau kamu akan melakukan perjalanan yang khawatir gak akan ketemu tempat wudhu, kamu bisa coba travel hack ini:

Siapkan botol dengan dua tutup. Tutup yang satunya kamu bolongin seperti gambar (tutup biru muda). Kapanpun akan berwudhu, kamu bisa tukar tutupnya (ke yang bolong) lalu letakkan di meja/apapun. Jadi deh ia kaya pancuran air. Kalau udah, tutupnya tuker lagi ya ke yang gak bolong, karena kalau lupa nanti tas kita basah πŸ˜€

Mudah kan caranya? #When it comes to travel, simple is a lot better. Kalau kamu gak suka pakai botol plastik, kamu bisa ganti dengan FLAT WATER BOTTLE. Selain lebih ramah lingkungan, botol model ini juga ramah tempat (karena bisa kamu gantung di tas). Contoh botolnya seperti ini:

2. COMPASS

Biar ga tersesat? Oh No No No.. Itu fungsi yang mainstream! Well kalau buat ga tersesat juga gapapa, tapi kompas disini berguna untuk menentukan arah kiblat. Mungkin kamu akan bilang, “Yaa ribet amat.. Kan di HP ada aplikasinya”. Man, take my words! HP itu berpotensi error/nge-hang yang nantinya berefek gak akurat plus lowbat. Kamu mau jadi traveller yang SMART kan? Then pakai kompas. Kapanpun butuh, tinggal ambil dan letakkan di tanah. Sholat deh.. #When it comes to travel, make it as easy as possible.

3. PRAYER MAT POCKET

Gak hanya berguna untuk sholat, sajadah ini bisa juga kamu gunakan untuk istirahat atau duduk di tempat yang gak bersih. Pilih sajadah yang dapat dilipat kecil dan super enteng. Kalau belum punya, boleh beli atau bikin sendiri dari scarf yang sudah tidak terpakai. #When it comes to travel, make it multifunctional.

Image Source: theprayermatcompany.com

4. EASILY COMBINED OUTFIT

Nah ini biasanya yang jadi masalah perempuan. Bingung mau mix and match warnanya, antara bawahan, atasan dan kerudung :D. Saranku sebaiknya bawa warna-warna yang satu tone (cek di Google aja yaa color range nya karena aku bukan Fashion Analyst :P). Atau simpelnya, yaa bawa aja warna-warna netral atau gelap. Kalau warna hitam kan bisa dipaduin sama warna apa aja dan juga gak gampang kotor. #When it comes to clothes, less is better.

5. SAFETY PIN HOLDER

Ini juga biasanya jadi masalah muslimah berjilbab. Kehilangan peniti atau jarum pentul ketika berwudhu atau ganti jilbab. Pas dicari ditas, lupa tempatnya dimana. Nah solusinya adalah tempat jarpen ini, – agar rapi, tersusun dan cepat juga nemuinnya. #When it comes to travel, Get your things organized. Selain bawa peniti cadangan itu penting dan berguna untuk jilbab, just in case ia akan berguna untuk menyematkan sesuatu atau membolongi sesuatu saat travel.

Safety Pin Organizer ini aku buat sendiri dengan bahan flanel bekas. Kamu juga bisa buat kok. Caranya hanya dijahit dan di lem. πŸ™‚

6. QURAN POCKET (Optional)

Quran Pocket ini sih optional. Bisa kamu bawa bisa juga enggak. Karena yang paling penting untuk gak dilewatin saat travel adalah sholat. Namun, kalau sekiranya kamu akan banyak menunggu selama dalam perjalanan dan kamu ingin waktunya lebih bermanfaat, ya bisa Qur’an Pocketnya dibawa. Kalau gamau dibawa tapi tetep mau waktunya bermanfaat, ya bisa pakai murojaah dan dzikir. πŸ™‚

Travel Smarter! Jadi muslim bukan berarti hidup makin ribet karena beberapa aturannya. It all depends on how you manage it. πŸ™‚ Hope this article helps you cope with these problems.

Fun Facts: di Al-Qur’an ada beberapa ayat tentang Travel juga lho.. Boleh dicek Qur’annya πŸ™‚

  • Ali Imran: 137
  • Al-An’am: 11
  • Ar-rum: 9 dan 42
  • Luqman: 31
  • Yusuf: 109
  • An-Naml: 69
  • Muhammad: 10

Kalau kamu mau jalan-jalan, jangan sampai lewatin artikel Agar Traveling Berbuah Pahala. Itu gak kalah menarik tipsnya!

Have a nice and safe trip. Semoga Allah memberkahi perjalananmu. πŸ™‚

Jangan Shalih Sendirian. SHARE:

One thought on “Barang Bawaan setiap MUSLIM TRAVELLER YANG PRO!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

EMOTIONALLY DOWN? SURAH INI COCOK UNTUK KAMU!

Fri Oct 18 , 2019
Siapa sih manusia yang gak pernah ‘emotionally down‘? Stress karena mungkin kehilangan pekerjaan, kesempatan, harta, nilai di sekolah, orang yang dicintai atau bahkan jodoh yang […]